Berkontribusi melalui saluran donasi adalah salah satu cara yang bisa Anda tempuh guna mensejahterakan para penyandang penyakit kronis. Memiliki penyakit kronis pasti akan menyusahkan, tidak hanya bagi penderita melainkan juga bagi keluarga. Selain mengganggu aktivitas, penyakit kronis biasanya juga memakan biaya yang tidak sedikit untuk pengobatannya, contohnya kanker.

Pengidap kanker harus menjalani proses pengobatan yang panjang setidaknya 2 sampai 2,5 tahun, bahkan lebih. Belum lagi biaya yang dikeluarkan bisa sampai 200 juta rupiah per tahunnya. Sementara itu, tidak setiap orang cukup mampu untuk membayar besarnya biaya pengobatan tersebut.

Dilatarbelakangi kondisi tersebut, muncul sejumlah yayasan dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang memiliki perhatian besar terhadap para pengidap penyakit kronis, khususnya mereka yang memerlukan bantuan pengobatan maupun motivasi. Meski demikian, peran masyarakat juga dibutuhkan guna menolong lebih banyak lagi pengidap penyakit kronis.

Bagi Fams yang ingin berkontribusi menolong para pengidap penyakit kronis, bisa menggunakan saluran donasi melalui yayasan berikut ini.

Saluran Donasi via Yayasan Kanker Indonesia (YKI)

YKI bertujuan untuk membantu tindakan deteksi dini kanker, perawatan paliatif (perawatan kanker stadium akhir), dan dukungan bagi pasien kurang mampu. YKI juga mengadakan sosialisasi, training/workshop mengenai kanker, bantuan program alat kesehatan seperti kantong kolostomi, serta membantu prosedur terapi medis pasien kanker sesuai ketentuan yang berlaku.

Jenis kanker yang menjadi prioritas dan perhatian YKI antara lain: kanker payudara, kanker serviks atau leher rahim, kanker paru, kanker darah (Leukemia), kanker hati dan usus besar, kanker ginjal, kanker bola mata (Retino Blastoma), kanker kulit, dan kanker prostat.

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI)

YKAKI didirikan atas keyakinan bahwa setiap anak penderita kanker di Indonesia berhak mendapat pengobatan serta perawatan yang sebaik-baiknya, juga hak belajar maupun hak bermain walaupun dalam keadaan sakit.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, YKAKI memiliki berbagai kegiatan, di antaranya menyediakan rumah singgah, pendidikan di rumah sakit, transportasi, memotivasi pasien yang tidak melanjutkan pengobatan, serta melaksanakan penyuluhan bagi masyarakat umum.

YKAKI juga mengajak masyarakat berkontribusi membantu anak-anak pengidap kanker. Bagi Fams yang ingin berdonasi, YKAKI menerima saluran donasi baik dalam bentuk uang tunai maupun barang. 

YKAKI akan menerima donasi kebutuhan pokok sehari-hari seperti:

  1. kebutuhan pangan: beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, susu, telur, teh, kopi dan lainnya,
  2. kebutuhan mandi cuci: sabun mandi, shampoo, pasta gigi, sikat gigi, sabun cair pencuci piring, deterjen, pembersih lantai,
  3. kebutuhan bayi & anak: baby diapers dan lainnya
  4. kebutuhan perlengkapan dapur, serta
  5. kebutuhan pendidikan anak: buku pelajaran, buku ilmiah, mainan edukasi dan lainnya.

Saluran Donasi via Yayasan Jantung Indonesia

Yayasan Jantung Indonesia berdiri dengan tujuan turut serta menciptakan masyarakat yang sehat tanpa penyakit jantung dan pembuluh darah, serta meningkatkan kemampuan masyarakat untuk menjaga kesehatan. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, Yayasan Jantung Indonesia memiliki sejumlah kegiatan penyuluhan tentang penyakit jantung dan pembuluh darah serta upaya pencegahannya.

Selain itu, mereka juga memberikan bantuan operasi pada penderita kelainan/penyakit jantung yang tidak mampu.

Yayasan Jantung Indonesia juga menerima saluran donasi dari masyarakat yang ingin berkontribusi mewujudkan masyarakat yang sehat tanpa penyakit jantung dan pembuluh darah.

Yayasan Pulih

Yayasan Pulih adalah lembaga nonprofit yang membuka layanan konseling psikologi untuk pemulihan dari trauma, terutama terhadap perempuan dan anak korban kekerasan. Guna mendukung keberlangsungan layanan psikologis bagi masyarakat yang membutuhkan, Yayasan Pulih mengajak semua kalangan untuk berkontribusi dengan cara berdonasi.

Jika Fams berniat untuk menggunakan saluran donasi, Anda bisa langsung menghubungi yayasan bersangkutan melalui alamat dan kontak dalam tabel berikut ini.

NoYayasanAlamatKontakMetode Saluran DonasiWebsite
1Yayasan Kanker IndonesiaJalan Sam Ratulangi no 35, Menteng, Jakarta(021) 3152603Transfer bank dan kartu kredithttp://yayasankankerindonesia.org/
2Yayasan Kasih Anak Kanker IndonesiaJl. Percetakan Negara XI No. 129, Jakarta 10570(021) 42872556Transfer bank dan baranghttps://ykaki.or.id/
3Yayasan Jantung IndonesiaJl. Teuku Umar No.8 Jakarta 10350(021) 3909567Transfer bankhttps://www.inaheart.or.id/
4Yayasan PulihJl. Teluk Peleng 63 A Komplek AL-Rawa Bambu Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520(021)78842580Transfer bankhttp://yayasanpulih.org/

Berapapun bantuan yang Anda salurkan pasti sangat berarti bagi-bagi saudara-saudara kita yang kurang mampu untuk melanjutkan pengobatan dan pulih dari penyakit yang dideritanya.