Mengatur keuangan keluarga sebelum menitipkan anak ke daycare menjadi salah satu solusi bagi orang tua yang sama-sama bekerja. Selain fasilitas dan lokasi daycare, biaya menjadi pertimbangan utama untuk menitipkan anaknya  di daycare mana. Biaya daycare pun bervariasi mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal, tergantung fasilitas yang ditawarkan dan di daerah mana Fams tinggal.

Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) misalnya, biaya daycare bervariasi mulai dari Rp350.000,- per bulan sampai Rp2.100.000,- per bulan. Untuk gambaran biaya daycare di DIY yang lebih rinci bisa dilihat di sini. Di daerah lain, kisaran biaya daycare per bulan bisa saja lebih murah atau malah lebih mahal.

Mengingat biaya daycare tidak bisa dibilang murah, penting bagi orang tua untuk mengatur keuangan keluarga dengan membuat rancangan rencana keuangan. Misalnya saja, Fams baru saja menikah dan berencana memiliki anak dua tahun kemudian. Rencana berikutnya adalah menitipkan anak ke daycare saat usianya satu tahun. Fams memiliki waktu kurang lebih 36 bulan untuk mempersiapkan anggaran anak. 

Untuk Fams yang tinggal di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, data Badan Pusat Statistik (BPS) DIY menunjukkan bahwa rata-rata gaji bersih per kapita sebulan adalah Rp2.114.031,-, dengan rata-rata pengeluaran per kapita sebulan adalah RP1.302.661,-. Asumsinya, jika kedua orang tua bekerja dengan penghasilan gabungan sebesar 4,2 juta dan pengeluaran 2,6 juta per bulan, Fams masih memiliki sisa 1,6 juta per bulannya, atau 40% dari seluruh penghasilan keluarga.

Mengatur keuangan keluarga dengan membagi penghasilan

Fams bisa membagi 40% penghasilan tersebut ke dalam dua pos, pos investasi dan tabungan pendidikan masing-masing 20%. Jika Fams menyisihkan 20% atau sejumlah kurang lebih 800.000 Rupiah setiap bulannya ke dalam tabungan pendidikan, maka dalam kurun waktu 36 bulan Fams sudah memiliki anggaran daycare sebesar 28,8 juta Rupiah.

Anggaran sebesar itu akan membuat Fams memiliki pilihan yang lebih luas untuk menitipkan anaknya di daycare mana ketika hendak menitipkan anak ke daycare. Sementara anggaran untuk daycare setahun sudah tersedia, Fams masih bisa melanjutkan tabungan pendidikan tersebut dengan cara yang sama untuk mempersiapkan anggaran masuk PAUD atau TK.

Referensi:

Snider, Susannah. 6 September 2019. What Child Care Costs and How to Save.

BPS Provinsi DIY. 2019. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Angka. Yogyakarta: Badan Pusat Statistik Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.