Dampak pandemic covid-19 masih kita rasakan hingga saat ini. Meskipun kita sudah masuk ke dalam kondisi yang umum disebut dengan new normal. Kondisi new normal menuntut kemampuan adaptasi karena kita harus melakukan beberapa protokol-protokol kesehatan, guna mencegah penularan covid-19. Protokol-protokol pencegahan penularan covid-19 ini juga meliputi penanganan kelahiran dan pemeriksaan ibu hamil. Tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 sudah menyipakan panduan layanan kesehatan ibu hamil dan bayi baru lahir. Paduan tersebut meliputi protokol-protokol apa saja yang harus dilakukan oleh instansi kesehatan, petugas kesehatan, pasien dan masyarakat. Dalam panduan tersebut, ibu hamil yang memiliki riwayat pernah berpergian keluar kota, kontak dengan PDP dan memiliki gejala Covid-19 wajib untuk melakukan rapid test dan swab test jika diperlukan. Adanya kemungkinan melakukan rapid test dan swab test ini jelas akan menambah biaya fams dalam biaya kelahiran anak. Oleh karena itu tim Imaos.id kali ini menyiapkan list biaya rapid test dan swab test di Yogyakarta.

Tabel biaya rapid test dan swab test Yogyakarta

No Rumah sakit Kisaran biaya Rapid Test Kisaran Biaya Swab Test
1 JIH Rp 360,000 Rp 2,500,000
2 Bethesda Rp 375,000 Rp 2,000,000
3 Sardjito Rp 500,000 Rp 2,000,000
4 Siloam Rp 489,000 Rp 2,500,000
5 Panti Rapih Rp 375,000 Rp 2,400,000

Sumber: Penelusuran secara online

Harga yang tertera pada tabel daftar harga rapid test dan swab test di Yogyakarta tersebut adalah harga awal. Untuk layanan seperti surat dokter, surat sehat dan hal penunjang lainnya akan ditambahkan biaya lagi. Rumah sakit JIH memiliki layanan test di rumah, jadi fams tidak perlu datang ke rumah sakit untuk test. Layanan tersebut memiliki biaya berbeda yaitu mulai dari Rp 1.300.000 dan ada paket-paket harga lain yang di tawarkan dan dapat fams pilih.

Alokasi anggaran untuk biaya rapid test dan swab test di Yogyakarta

Melalui tabel biaya rapid test dan swab test di Yogyakarta, rerata biaya yang harus dikeluarkan untuk rapid test berkisar di angka Rp 400.000-an. Sedangkan untuk Swab test memiliki rerata biaya sebesar Rp 2.200.000an. Berdasarkan panduan dari gugus tugas percepatan penanganan covid 19, swab test hanya dilakukan jika rapid test yang telah dilakukan menunjukan hasil reaktif. Sehingga pengeluaran untuk swab test belum tentu di keluarkan.

Dalam konteks persiapan kelahiran yang memungkinkan sang ibu untuk diminta melakukan rapid test atau bahkan swab test, Skenario terburuknya adalah fams akan mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 2.600.000. untuk menyikapi hal tersebut tidak ada salahnya fams menyisihkan uang sebesar Rp 300.000-an sehingga ketika sampai pada waktu kelahiran. fams sudah siap dengan skenario tambahan biaya test rapid dan swab untuk ibu hamil yang akan melahirkan.

Meskipun terbilang berat tetapi tidak ada salahnya fams untuk diupayakan fams. adanya peluang untuk tidak melakukan rapid test dan swab test masih ada, namun alangkah lebih baik untuk menyipakan skenario pengeluaran yang paling besar. Jika akhirnya si ibu tidak memerlukan test tersebut, toh dana yang sudah fams siapkan dapat dialokasikan untuk keperluan persiapan keperluan anak yang baru lahir.  Stay healthy ya fams sekeluarga!!!  Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita semua dapat beraktivitas normal kembali ya fams!!!