Menggunakan jasa babysitter tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Menyewa jasa orang lain untuk menjaga dan merawat bayi tentunya bukanlah persoalan sepele. Selain itu, tidak semua orang tua bisa menemukan orang yang tepat untuk bisa mereka percaya untuk menjaga buah hati mereka.

Terkadang, untuk mendapatkan babysitter yang bagus dan terpercaya, kadang biaya yang diperlukan juga tidak sedikit. Nah, jika Anda tinggal di kota besar dengan hiruk-pikuk dan tuntutan bekerja yang besar, besar kemungkinan Anda membutuhkan babysitter atau daycare. Berikut kami jabarkan kisaran biaya jasa babysitter di 5 kota besar, yakni Jakarta, Medan, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.

Tabel Kisaran Biaya Jasa Babysitter

No. Kota Kisaran Harga
1. Jakarta Rp. 1.200.000 – Rp. 1.700.000
2. Medan Rp. 1.500.000 – Rp. 2.000.000
3. Yogyakarta Rp. 700.000 – Rp. 1.200.000
4. Surabaya Rp. 1.800.000 – Rp. 2.300.000
5. Makassar Rp. 1.300.000 – Rp. 1.800.000

Angka biaya jasa babysitter yang kami paparkan di atas kami dapat dari hasil pencarian online, yang kemudian kami bandingkan harga terendah dan tertinggi, lalu kami cari rata-ratanya.

Mengapa Surabaya bisa sangat tinggi biayanya dan Yogyakarta bisa sangat rendah? UMK tiap daerah bisa menjadi alasan mengapa biaya tiap kota ini berbeda-beda. Seperti kita ketahui, UMK serta biaya hidup di Yogyakarta tentunya lebih kecil dibandingkan dengan Medan atau Surabaya.

Selain itu, jumlah populasi keluarga di kota tersebut juga berpengaruh. Sebagai kota metropolitan, Jakarta memiliki populasi penduduk yang lebih besar dibandingkan dengan Yogyakarta. Kendati demikian, selain penghasilan dan populasi, supply and demand lebih berpengaruh lagi. Meski Jakarta memiliki populasi yang lebih besar dari Surabaya, namun Surabaya memiliki biaya babysitter yang lebih besar karena kebutuhan babysitter lebih besar daripada penyedia jasanya.

Perbandingan biaya jasa babysitter dan ART

ART (asisten rumah tangga) dan babysitter memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya yakin banyak orang tua yang bimbang memilih antara babysitter atau ART. Secara biaya, jasa babysitter memang lebih mahal dibandingkan biaya jasa ART. Mengapa bisa begitu?

Tak hanya lebih mahal, babysitter juga lebih dicari. Karena kemampuan untuk bisa mengurus bayi dengan benar tentunya bukan main-main. Dibutuhkan pelatihan dan pengalaman yang terjamin agar para orang tua bisa berani mempercayakan buah hati mereka. Dengan kata lain, modal dari pelatihan itu sendiri menjadi latar belakang biaya baby sitter yang lebih mahal.

Sedangkan ART biasanya lebih bertanggung jawab untuk pekerjaan rumah lainnya, meskipun tidak jarang ART yang juga diserahkan tanggung jawab untuk mengurus anak. Namun bukan tidak mungkin jasa babysitter juga termasuk membersihkan rumah atau bahkan memasak, tergantung gaji yang disetujui.