Imunisasi PCV adalah salah satu jenis vaksin yang selalu direkomendasikan oleh para dokter. Hal ini karena vaksin pcv dianggap mampu melindungi tubuh dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri pneumokokus yang menyebabkan meningitis dan pneumonia.

PCV sendiri adalah akronim dari pneumococcal conjugate vaccine yang berarti vaksin yang mengandung bagian dari dinding sel bakteri pneumokokus. Dalam vaksin ini, ada dua jenis yang dikenal di kalangan luas, yaitu PCV13 dan PPSV23.

Kedua jenis vaksin ini sama-sama untuk melindungi diri dari bakteri pneumokokus, tetapi ada perbedaan fungsi mendasar antar keduanya. Pastinya kedua jenis vaksin ini muncul salah satunya berdasarkan laporan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang menyebutkan di tahun 2015 penyakit pneumonia menyebabkan kematian sekitar 20 ribu anak Indonesia di bawah usia 5 tahun.

Perbedaan PCV13 dan PPSV23

Sebelum membahas perbedaannya, kedua vaksin ini memiliki persamaan untuk melindungi diri dari infeksi bakteri pneumokokus yang menyebabkan penyakit pneumonia. Perkembangan ilmu pengetahuan di bidang kedokteran yang cepat, mengahasilkan distingsi jenis vaksin untuk melindungi diri dari bakteri pneumokokus.

Pertama, PCV13 adalah jenis vaksin yang memberikan tubuh dari serangan bakteri streptococcus pneumoniae atau pneumokokus. Jenis bakteri ini sangat membahayakan dan menyebabkan meningitis. Dalam sebuah lapora penelitian dari Nishant Jaiswal dkk (2014) yang berjudul Burden of Invasive Pneumococcal Disease in Children Aged 1 Month to 12 Years Living in South Asia: A Systematic Review menyebutkan bahwa bakteri pneumokokus merupakan bakteri utama penyebab pneumonia pada anak.

Kedua, PPSV23 adalah jenis vaksin yang bertujuan juga untuk melindungi dari dari bakteri pneumokokus. Sesuai dengan namanya, jika PCV13 itu bertujuan untuk melindungi diri dari 13 strain bakteri pneumokokus, PPSV23 ini melindungi diri dari 23 strain bakteri pneumokokus.

Kedua jenis vaksi ini sama-sama baik, jika PCV13 diutamakan untuk bayi di bawah 2 tahun, tetapi PPSV23 ini ditujukkan kepada orang-orang yang sudah lebih dewasa. Oleh karena itu, jenis perlindungan diri dari strain bakteri pneumokokusnya lebih banyak PPSV23 daripada PCV13.

Manfaat dan Efek Samping

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, tujuan utama dari vaksin ini adalah memberikan perlindungan diri dari bakteri pneumokokus yang berbahaya untuk anak-anak. Secara jelas manfaat dari vaksin ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari bakteri pneumokokus.

Vaksin PCV ini juga digunakan untuk orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah (seperti pengidap HIV), punya penyakit jantung bawaan, kelainan darah, dan beberapa penyakit kronis lainnya seperti asma, diabetes, dan gagal ginjal.

Selain memberikan manfaat, vaksin PCV ini juga memberikan efek samping untuk penggunanya. Hanya saja, efek samping vaksin ini masih tergolong ringan, seperti demam ringan, nyeri, dan bengkak. Efek samping seperti ini akan hilang dalam waktu 1-3 hari.

Hanya saja, ada beberapa kasus dari pengguna vaksin PCV ini yang mendapatkan efek samping yang dianggap berat, seperti alergi berat. Namun demikian, efek samping yang berat sangat jarang terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu dengan dokter tentang hal-hal yang harus dipersiapkan.

Harga Vaksin PCV

Untuk harga vaksin PCV ini cukup beragam. Setiap penyedia layanan vaksin memiliki harga yang berbeda-beda. Sebelumnya, ada artikel tentang Biaya Vaksinasi yang bisa menjadi rujukan kalian untuk membandingkan harganya.

Tim imaos.id sebelumnya sudah melakukan riset harga tentang imuniasi vaksin PCV di beberapa klinik dan rumah sakit. Dari hasil riset tersebut, rentang harga vaksin PCV di antara Rp. 400.000 – Rp. 800.000. Rentang harga itu muncul karena setiap penyedia jasa layanan vaksin punya paket tersendiri.

Oleh karena itu, setidaknya kalian juga menyiapkan alokasi anggaran untuk vaksin di samping anggaran untuk melahirkan. Hal ini karena jarak antara kelahiran dan kebutuhan vaksin anak tidak jauh. Jika kalian sudah menyiapkan alokasi anggaran vaksin, setidaknya kalian tidak kaget dengan harga tersebut.