Hai kamu para lelaki di luar sana. Pasti kalian semua punya hobi yang menyenangkan tetapi sering menguras uang simpanan, kan!

Tidak sedikit para lelaki yang memiliki hobi, bahkan hampir bisa dikatakan semua orang, khususnya lelaki, pasti punya hobi. Sudah sewajarnya dan tidak ada salahnya setiap orang punya hobi. Hal ini karena menjalani hobi adalah salah satu cara menghilangkan stres dan mengaktualisasikan diri.

Akan tetapi, tidak sedikit dari kalian semua pasti bingung cara mengelola hobi sehingga sering menimbulkan sebuah persoalan tersendiri. Hal ini karena hobi sering memaksa kita untuk mengalokasikan uang dan waktu yang tidak terkontrol. Oleh karena itu, jika kalian tidak tahu cara mengatur hobi ini akan menjadi permasalahan di kemudian hari.

Meskipun hampir semua hobi itu bisa membawa masalah, tetapi beberapa jenis hobi yang cenderung membawa masalah adalah hobi koleksi barang. Selain mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang koleksi, hobi ini juga sering menghabiskan banyak waktu yang berharga. Terlebih lagi jika cara mengelola hobi ini tidak cukup bijak dilakukan.

Cara Mengelola dan Mengatur Hobi

Tidak sedikit orang yang hanya punya hobi tapi tidak tau cara mengelola dan mengatur hobinya. Salah satu contoh adalah hobi koleksi action figure. Selain menguras cukup banyak uang untuk membeli barangnya, hobi koleksi ini juga memakan banyak tempat untuk penyimpanannya. Dengan kata lain, perlu adanya anggaran untuk membeli barang koleksi dan menyediakan tempat penyimpanannya.

Perlu adanya strategi khusus dalam mengatur dan mengelola hobi. Kalian jangan asal sembarangan membeli barang yang kalian suka tanpa memikirkan berbagai kemungkinan yang terjadi. Terlebih lagi bagi kalian yang sudah berkeluarga, perilaku semborono membeli barang koleksi bisa berdampak tidak baik pada hubungan suami istri.

Perilaku sembrono dalam hal ini adalah minimnya wawasan dalam mengatur dan mengelola hobi itu. Di dunia ini, kalau sudah berurusan dengan hobi pasti butuh biaya yang tinggi. Dengan kata lain, sebelum menjalankan hobinya setidaknya biaya-biaya kebutuhan pokok sudah harus terpenuhi terlebih dahulu.

Perlu adanya cara untuk mengelola untuk hobi. Setelah pengeluaran itu bisa diatur, kalian juga harus memikirkan bagaimana cara mengelolanya. Misalkan kasus lain, kalian hobi koleksi sepatu-sepatu limited edition. Kalian harus bisa mengelola sepatu-sepatu itu secara baik dalam penyimpanan maupun perawatannya.

Istri Mengamuk, Hubungan Remuk

Banyak orang yang tidak tahu cara mengelola hobi sehingga membawa permasalahan dalam rumah tangga. Perdebatan suami dan istri sering terjadi karena suami sering membeli barang-barang koleksi yang dinilai istri tidak ada harganya. Dengan kata lain, hobi yang seharusnya menyenangkan justru membuat persoalan rumah tangga.

Perlu cara dan strategi yang harus dilakukan untuk meredamkan para istri seperti ini. Ada cara ampuh yang bisa kalian lakukan untuk menghindari istri yang mengamuk karena kamu membeli barang koleksi tanpa izin. Cara ampuh yang bisa kamu lakukan adalah memberikan kesenangan yang hakiki kepada istri sebelum menjalani hobi koleksimu.

Mungkin kamu bisa memberikannya surprise yang membuat dia sangat terkejut. Perasaan yang membahagiakan tersebut kamu manfaatkan sebagai momentum kamu untuk meminta izin untuk membeli barang koleksi hobimu. Bahkan, tanpa kamu meminta izin pun pasti tidak akan membuat istrimu marah karena membeli barang hobi.

Cara mengelola hobi yang baik memang pada dasarnya adalah pintar mengambil hati pasangan sebelum mengeluarkan biaya untuk menjalani hobimu. Tapi kalian juga perlu ingat bahwa harus memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu sebelum hobi. Hal ini karena tidak sedikit orang yang terjerumus dalam hobi sehingga hal pokok lainnya terbengkalai.