Vaksin BCG adalah kategori vaksin yang wajib. Vaksin ini berfungsi untuk melindungi diri dari tuberkulosis (TB), yaitu penyakit infeksi yang menyerang paru-paru. Biasanya, vaksin ini diberikan kepada bayi baru lahir hingga usia 2 bulan.

Pertimbangannya, bayi 0 bulan hingga 2 bulan adalah waktu yang pas untuk diberikan vaksin. Hal ini dikarenakan kerja vaksin BCG lebih optimal di usia tersebut. Biasanya dokter langsung menyarankan kepada orang tua untuk segera melakukan vaksin BCG kepada bayinya setelah proses kelahiran.

Mungkin sebagian bertanya kenapa vaksin BCG ini penting dan ampuh untuk melindungi diri dari tuberkulosis? Apa sih sebenarnya tuberkulosis itu? Nah, mungkin akan lebih baiknya para orang tua paham apa itu tuberkulosis dan manfaat vaksin BCG ini.

Apa Itu Tuberkulosis?

Pertama, mungkin kita perlu tahu dulu apa itu tuberkulosis. Tuberkulosis dikenal oleh orang awam adalah penyakit TBC. Ya, TBC adalah singkatan dari tuberkulosis. Penyakit ini merupakan penyakit yang mematikan dan menular.

Penyakit ini disebabkan oleh mikrobakteria yang umumnya menyerang paru-paru. Proses penyebaran penyakit ini melalui udara sehingga sangat riskan sekali penularannya. Gejala yang terjadi pada orang yang terkena penyakit ini seperti batuk dan bersin sehingga sangat membahayakan orang di sekitar pasien tuberkulosis jika tidak ditangani dengan baik dan benar.

Prof. DR. Dr Cissy B. Kartasasmita, Sp.A(K) melaporkan hasil penelitiannya tentang epidemologi tuberkulosis yang menunjukkan bahwa dari 9 juta kasus penyakit tuberkulosisi ini, 1 juta pasiennya adalah anak usia di bawah 15 tahun.

Hasil penelitian tersebut juga menjelaskan meskipun imunisasi BCG dikategorisasikan sebagai kewajiban, tetapi peran vaksinasi BCG dalam pencegahan infeksi dan penyakit TBC masih kontroversial. Hal ini karena menurut berbagai penelitian vaksin ini tidak bisa melindungi diri dari TBC 100% tetapi kisaran 0% – 80%.

Namun demikian, sejauh ini hanya vaksin BCG yang dinilai paling efektif untuk melindungi diri dari penyakit tuberkulosis. Dengan kata lain, upaya mewajibkan imunisasi BCG bertujuan memutus rantai penyakit yang mematikan ini.

Manfaat Vaksin BCG

Penjelasan di atas sudah menjelaskan bahwa tuberkulosis sangatlah berbahaya bagi manusia. Selain mematikan, penyakit itu juga sangat mudah menyebar melalui udara. Oleh karena itu, imuniasasi BCG untuk bayi 0 sampai 2 bulan sangat dianjurkan oleh semua dokter.

Meskipun hasil penelitian yang sudah dilakukan beberapa ahli mengatakan bahwa perlindungan vaksin BCG kisaran 0% hingga 80%, tetapi itu sudah sangat baik untuk penjagaan. Dengan kata lain, daripada tanpa perlingungan sama sekali, 0% – 80% adalah perlindungan terbaik.

Vaksin ini sendiri sebenarnya adalah protein kuman TB (antigen). Protein kuman TB ini disuntikkan ke lapisan kulit lengan kanan. Jadi, jika lengan kanan bagian atas kalian ada semacam bekas luka, maka itu adalah hasil dari imunisasi BCG yang pernah kalian dapatkan.

Dengan cara seperti ini, protein kuman TB akan memicu sistem imun yang menghasilkan sel-sel untuk melindungi tubuh dari bakter tuberkulosis. Oleh karena itu, bekas suntikan di lengan kanan kalian adalah bentuk nyata perlindungan vaksin BCG dari serangan bakteri tuberkulosis.

Efek Samping Vaksin BCG

Selain memberikan manfaat, proses pemberian vaksin ini juga memberikan efek samping untuk anak. Hanya saja, efek samping ini tidak bisa disamaratakan satu dengan yang lain. Namun, ada beberapa efek samping yang biasanya muncul setelah melakukan imuniasi BCG.

Efek samping setelah pemberian vaksin ini sebenarnya tidak terlalu mengkhawatirkan. Kecenderungan efek samping yang muncul adalah demam, terbentuknya benjolan, bengkak, kemerahan, serta ada sedikit bekas luka di lokasi suntikan.

Oleh karena itu, siapkan diri untuk begadang setelah mengantarkan bayi kalian imunisasi BCG. Meskipun efek sampinyanya tidak berbahaya, tetapi bayi akan merasa kurang nyaman saat istirahat sehingga mudah terbangun. Di saat itu, kalian juga harus membuat jadwal jaga saat anak terbangun karena kurang nyaman setelah diberi vaksin BCG.

Harga Untuk Sebuah Vaksin

Harga vaksis BCG ini sebenarnya bisa kalian lihat di biaya vaksinasi imaos.id di artikel sebelumnya. Ada banyak varian harga untuk jenis vaksin ini sehingga satu tempat belum sama dengan tempat yang lain.

Namun, di artikel tersebut menjelaskan ada kisaran harga pasti untuk jenis vaksis BCG ini. Hasil pencarian imaos.id menemukan rentang harga vaksin BCG ini kisaran 250.000 – 375.000 rupiah. Harga di puskesmas berbeda dengan di klinik, begitu juga harga di klinik berbeda dengan harga di rumah sakit.

Oleh karena itu, kalian perlu mencari berbagai referensi untuk tempat vaksin yang menurut kalian memiliki harga yang pas. Akan lebih baik lagi jika kalian punya langganan klinik atau rumah sakit yang menyediakan vaksin lengkap. Hal itu akan lebih memudahkan kalian untuk mendapatkan informasi kebutuhan vaksin untuk buah hati.