Tulisan ini muncul seketika setelah melihat K-Drama Hospital Playlist season 2 yang on-going saat ini. Ada beberapa memori yang muncul seketika melihat persahabatan antara 4 pria dan 1 wanita. Persahabatan lawan jenis yang sering menjadi dilema.

Mungkin sebagian orang mengatakan bahwa persahabatan lawan jenis sangat mungkin terjadi. Tapi, sebagian orang lainnya ada juga yang mengatakan bahwa persahabatan lawan jenis adalah hal klise yang eksis hingga saat ini.

Nah, di antara kalian pasti pernah melihat atau mengalami hal seperti ini. Persahabatan antara lelaki dan pria. Bagaimana jika dari sudut pandang kalian?

Kecerdasan Emosional dalam Persahabatan

Sebuah kajian yang dilakukan Noor (2014) melihat bahwa ada hubungan yang menarik antara kecerdasan emosional dengan hubungan persahabatan. Korelasi dari kecerdasan emosional ternyata mempengaruhi sebuah kualitas persahatan antara manusia.

Secara teoritis, kecerdasan emosional sendiri merupakan kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi. Hal ini sering sekali disebut sebagai emotional quotient (EQ).

Berbeda denga intelectual quotient (IQ) yang menekankan pada kualitas intelektual, EQ adalah keadaan emosi seseorang dalam merespon hal-hal yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, Zig Ziglar (ahli dalam kajian leadership) menggambarkan bahwa EQ erat kaitannya dengan attitude seseorang. Analogi sederhana yang ia sampaikan adalah “seorang pemimpin pintar belum tentu baik untuk memimpin rakyatnya“.

Maka dari itu, kecerdasan emosional ini memiliki kaitan yang erat dalam menentukan sebuah perjalanan dari hubungan persahabatan, khususnya persahabatan lawan jenis.

Mungkinkah Persahabatan Lawan Jenis itu?

Fenomena persahabatan lawan jenis ini masih menjadi pro dan kontra bagi banyak orang. Ada yang merasa bahwa itu mungkin terjadi, tetapi ada juga yang merasa itu mustahil.

Dari beberapa orang tim website ini, mereka yang memiliki sahabat lawan jenis ketika ditanya tentang fenomena ini menjawab sangat mungkin!

Tapi, mereka juga menyatakan bahwa tidak pernah menceritakan hubungan kedekatan dengan sahabatnya kepada pasangannya. Pernah ada yang mencoba menceritakan kepada pasangannya tetapi justru membuat hubungan dengan pasangannya menjadi curiga.

Dengan kata lain, pasangannya cukup tahu saja jika mereka punya sahabat lawan jenis. Selebihnya, mereka bungkam untuk berbagai alasan dengan alih-alih demi kebaikan.

Jadi, bagaimana menurutmu tentang hubungan sahabat lelaki dan perempuan? Apakah mungkin hanya sebatas sahabat? Ataukah sebenarnya ada rasa-rasa yang terpendam?

Pastinya, jika kamu punya EQ yang tinggi setidaknya kamu bisa menjaga persahabatanmu dengan lawan jenis dengan baik. Meskipun, tetap ada rasa yang kamu kubur dalam-dalam.