Pelihara iguana? Ya, reptil mungil ini tengah gencar diburu oleh orang-orang untuk dipelihara. Khususnya pada masa pandemi saat ini, banyak yang memutuskan untuk memeliara hewan karena dipercaya dapat menurangi tingkat stress.

Walaupun bentuknya yang imut dan pendiam, hewan ini juga memberi kesan ‘lakik’ pada ownernya. Pasalnya iguana sendiri adalah hewan reptil yang mana sering diasumsikan sebagai hewan yang berbahaya. Namun pada kenyataannya, iguana adalah hewan reptil yang tergolong jinak dan ramah dipelihara oleh manusia. Lalu bagaimana cara merawatnya? Dilansir dari trikmerawat.com berikut adalah hal yang musti dilakukan oleh owner pemula iguana.

Beri Makan Teratur

Saat pelihara iguana, pemberian pakan merupakan hal yang wajib bagi setiap owner untuk kelangsunga hidup para peliharaannya. Termasuk pada iguana yang pemberian pakannya tidak terlalu sulit. Siklus makan iguana seperti manusia, mereka makantiga kali sehari yaitu saat pagi, siang dan sore. Untuk makannanya sendiri, jenisnya cukup beragaam. Iguana menjadi lebih jinak jika diberi makan makanan dari tumbuhan seperti biji-bijian, sayuran dan buah-buahan. Porsinya sendiri terdiri dari 40% biji, 45% sayuran dan 10% buah. 

Perlu diketahui bahwa iguana merupakan herbivora (hewan pemakan tumbuhan), bukan pemakan segalanya (omnivora). Maka ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh iguana, antara lain cacing, susu, sisa sayuran, serta telur.

Ketersediaan Air di Kandang

Air juga merupakan komponen penting yang mesti diperhatikan saat memelihara iguana. Kadal ini tidak boleh kehausan dan owner perlu memberikan air putih bersih, yang tentu bukan air mentah dan dalam porsi secukupnya. Hal tersebut dikarenakan air mentah disebut berpengaruh pada pencernaan iguana. Tidak hanya meberinya minum, penggantian air minum secara berkala juga harus dilakukan agar iguana tidak minum air yang lama terkena bakteri dari kandang. 

Memperhatikan Kebersihan Kandang

Selain asupan makan dan minum untuk iguana, lingkungan kandang yang bersih pun turut menjadi hal yang penting untuk kelangsungan hidup hewan peliharaan apapun, termasuk iguana. Kebersihan kandang dan lingkungan pun turut serta menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Selain membersihkan kandang secara teratur, kandang iguana perlu sinar matahari yang cukup, agar iguana tidak merasa gelap dan mendapat asupan sinar UV yang cukup, ini penting untuk pertumbuhan iguana.

Suhu juga Bepengaruh Untuk Iguana

Iguana merupakan hewan tropis yang biasa hidup di daerah hangat. Dikutip dari reptiljakarta.com suhu yang sangat cocok untuk habitat iguana adalah 26 oC hingga 29 oC. Suhu yang baik untuk berjemur yaitu 32 oC sampai 35 oC. Selain itu, kelembapan kandang mesti dijaga dengan tingkat 65-75%. Untuk menjaga kelembapan, disarankan untuk menyemprot kandang iguana dengan alat khusus agar kelembapan tetap terjaga. 

Begitulah kiat-kiat untuk memelihara iguana bagi pemula. Perlu dipertimbankan dan pikirkan kembali untuk memelihara reptil tersebut. Persiapkan hal-hal yang diperlukan seperti kandang, wadah minum dan makan serta pengetahuan yang cukup tentang iguana sebelum memutuskan untuk mengadopsi. Karena pada dasarnya, setiap hewan memerlukan owner yang bertanggung jawab dan berkomitmen untuk memeliharanya, termasuk iguana.

Author: Afif Risma Luthfianti

Gambar: kuritafsheen77