Isolasi kala wabah Corona ini merupakan momen yang patut dimanfaatkan untuk kembali menekuni hobi Anda. Di usia paruh baya, banyak orang yang mulai kewalahan dengan sengitnya rutinitas. Tuntutan pekerjaan serta kewajiban untuk mengurus keluarga membuat para orang tua mulai melupakan kesenangannya sendiri.

Alhasil, beban menumpuk dan risiko stres tinggi. Selain itu, banyak juga orang tua yang meninggalkan passion atau hobi lamanya sejak ia mulai berkeluarga. Meskipun hal ini tidak salah, namun banyak psikolog yang menyarankan untuk menekuni hobi sebagai bentuk perawatan kesehatan mental apalagi di tengah ruwetnya isolasi Corona ini.

Banyak orang yang berhenti menekuni hobinya, seperti belajar memainkan instrumen musik, menulis buku, atau bercocok tanam di kebun. Alasan mereka berhenti menekuni hobi adalah karena mereka merasa tidak punya cukup waktu luang.

Pentingnya menekuni hobi bagi kesehatan diri dalam kondisi isolasi

Salah satu penelitian membuktikan bahwa mereka yang melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan setidaknya selama 20 menit per minggu akan lebih jarang jatuh sakit atau merasa kelelahan.

Aktivitas yang menyenangkan dapat dihubungkan dengan kondisi mental yang lebih positif, tingkat depresi yang rendah, serta berkurangnya efek negatif lainnya.

Hobi sebagai rekreasi

Hobi merupakan waktu aktivitas yang terbebas dari beban kerja dan tanggung jawab lainnya. Anda melakukannya memang karena Anda mau. Bukan karena wajib. Hal ini bisa menjadi sangat positif, khususnya bagi mereka yang merasa kewalahan dengan segala tanggung jawab dan kondisi negatif yang ada.

Masa isolasi Corona seperti sekarang ini berpotensi membuat para orang tua kewalahan. Meskipun pekerjaan dilakukan dari rumah, bukan berarti tanggung jawab yang lain tidak muncul. Justru orang tua harus memastikan keluarganya tetap sehat dan bertahan hidup. Dan kewajiban ini bisa memicu stres. Itulah mengapa Anda perlu menekuni hobi sebagai bentuk rekreasi agar kehidupan semasa isolasi ini tidak melulu dipenuhi dengan tanggung jawab dan kecemasan.

Menekuni hobi memberikan rasa percaya diri

Salah satu dampak negatif dari isolasi adalah perasaan tidak berguna yang muncul dalam diri seseorang. Mereka yang biasanya produktif jadi akan merasa kehilangan sebagian makna hidup mereka karena hilangnya rutinitas. Nah, dengan menekuni hobi kala isolasi ini, Anda akan merasa lebih produktif. Perasaan karena Anda mampu melakukan sesuatu akan membuat Anda jadi lebih percaya diri dan lebih berguna.

Hobi sebagai sarana sosial

Tak hanya menghadirkan rasa percaya diri karena bisa produktif lagi, menekuni hobi kala isolasi juga bisa menjadi sarana interaksi sosial yang baru. Dengan menggunakan sarana media sosial sewajarnya, Anda bisa memamerkan hasil kegiatan hobi Anda di media sosial dan menemukan interaksi baru yang bisa Anda bagikan pada teman-teman Anda secara online. Selain itu, Anda juga bisa menjadi inspirasi bagi orang lain untuk juga turut menekuni hobi mereka kembali.

Meluangkan waktu untuk menekuni hobi kala isolasi

Setelah membaca alasan mengapa menekuni hobi kala isolasi itu penting, sekarang saatnya memikirkan cara untuk meluangkan waktu. Sebenarnya, isolasi ini pastinya memberikan Anda banyak waktu luang. Sayangnya, tidak semua orang bisa menemukan motivasi yang tepat untuk mulai bergerak. Apalagi di tengah kewajiban pekerjaan, kegiatan belajar anak, hingga memastikan kemesraan dengan keluarga tetap terjaga.

Pertama-tama, tentukan prioritas Anda. Temukan kegiatan mana yang bisa Anda kurangi. Mungkin jawabannya bukan meninggalkan pekerjaan rumah atau meninggalkan anak, tapi mungkin saja Anda bisa mengurangi waktu menonton TV atau sekedar berbaring di sofa di akhir pekan. Anda bisa mengalihkan waktu luang ini untuk mulai mencicil hobi Anda. Misal hobi Anda adalah melukis. Maka bergeraklah dan siapkan kanvas, cat, dan alat lukis sesegera mungkin.

Kedua, siapkan jadwal untuk melakukan hobi Anda. Anda tidak perlu memandangnya sebagai kewajiban, tapi sebagai pengingat bahwa pada jam-jam dan hari tertentu, Anda bisa menggunakannya untuk menekuni hobi Anda kala isolasi.

Terakhir, pastikan anggota keluarga Anda tahu bahwa Anda berniat menekuni hobi Anda pada waktu yang telah Anda tentukan. Atau Anda juga bisa melakukannya bersama pasangan dan anak. Tentunya bersama-sama akan lebih asyik.

Selamat mencoba hobi Anda!

Kami harap Anda cukup peduli dengan kesehatan mental Anda di tengah segala kepelikan soal Corona ini dan mulai menyediakan waktu untuk diri Anda sendiri. Ayo tekuni hobi Anda kembali. Entah itu bermain golf, berkebun, melukis, bernyanyi, atau apapun itu. Utamakan kebahagiaan dan kesehatan Anda dan mulailah melakukannya!

Referensi

Core Products Inc. (2014, Mei 6). The Importance of Hobbies for Happiness and Stress Relief. Diambil kembali dari CoreProducts

Scott, E. (2019, September 30). The Importance of Hobbies for Stress Relief. Diambil kembali dari Verywell Mind