Penulis: Yosimi Ratna

Editor: Bernadeta Diana

Bulan Ramadan akan segera tiba. Ramadan adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam. Sesuai dengan Surah Al-Baqarah ayat 185, pada bulan tersebut umat Islam diwajibkan untuk melakukan puasa Ramadan. Secara sepintas, mengenalkan anak pada bulan Ramadan tampak seakan terfokus pada mengenalkan anak tentang ajaran agama Islam dengan berpuasa saja. Namun demikian, Ramadan sebenarnya menyimpan banyak momen belajar yang berguna bagi pertumbuhan maupun perkembangan anak.

Merencanakan Kegiatan Ramadan yang Menyenangkan

Orang tua perlu membuat Ramadan menjadi pengalaman menyenangkan bagi anak. Berusahalah untuk tidak menjelaskan kegagalan anak selama belajar berpuasa sebagai dosa, yang berakhir di neraka. Anak berusia dibawah 7 tahun belum bisa memisahkan fantasi dan kenyataan, sehingga ketakutan itu bisa sangat nyata. Cukup katakan pahalanya berkurang atau Allah SWT tidak suka. Kita dapat membahas lebih lanjut ketika anak berusia diatas 10 tahun, ketika anak sudah dapat mengembangkan konsep moral. Hal ini mengingat anak masih dalam tahap belajar mengenal Allah SWT. Buat anak mencintai Allah SWT, bukan justru menanamkan rasa takut.

Sebelum Ramadan tiba, ada baiknya kita mulai membuat daftar kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan dengan anak ketika puasa. Jelas, puasa menjadi tantangan tersendiri untuk anak karena anak tidak terbiasa untuk menahan lapar. Kegiatan yang dapat kita lakukan dengan anak selama puasa Ramadan, antara lain:

  • Buat Kalender Pencapaian Anak Selama Ramadhan

Kalender dapat berupa papan yang berisi 30 kotak atau buku, apapun sesuai kreativitas kita. Poin penting di kalender ini adalah mencatat sampai jam berapa anak sanggup berpuasa. Catat bersama anak setelah tarawih. Setiap kolom hari boleh diberi gambar tentang aktivitas anak hari itu. Tanyakan bagaimana perasaan anak ketika puasa hari ini, cari tahu apa godaan terbesarnya, dan hal-hal menarik lainnya. Ucapkan selamat pada anak jika berhasil melampaui hari sebelumnya. Motivasi anak jika berbuka lebih cepat dari hari sebelumnya. Usahakan untuk tidak menjanjikan hadiah karena kita tentu tidak mau anak kita hanya puasa karena hadiah bukan? Bila kita memang harus memberi hadiah, berikan hadiah yang bisa dinikmati semua keluarga, seperti menentukan menu ketika berbuka.

  • Rencanakan Memasak Bersama

Mempersiapkan hidangan untuk berbuka puasa bisa menjadi salah satu kegiatan menyenangkan bagi si kecil. Jika kamu tidak pandai memasak, tidak masalah. Tentu saja masakan yang dimaksud adalah masakan yang dapat anak lakukan. Bola-bola cokelat, sate buah, atau sandwich, atau menu sederhana lain yang bisa ditemukan di internet. Perkenalkan pula menu khas bulan Ramadhan kepada anak seperti aneka es buah, kolak, serta kurma. Kegiatan ini sekaligus dapat mengenalkan anak pada kegiatan rumah tangga.

  • Berbagi Takjil

Selama bulan puasa, pasti ada kegiatan buka bersama, baik di masjid maupun oleh keluarga sendiri. Ajak anak untuk turut membagikan takjil ketika waktu berbuka telah tiba. Hal ini bisa membangun keberanian anak untuk berinteraksi dengan orang lain.

  • Membacakan Cerita Nabi dan Rasul

Kita dapat membacakan kisah 25 Nabi dan Rasul, satu kisah setiap malam. Sisanya, kamu dapat menceritakan tentang sahabat-sahabat Rasul. Kegiatan ini dapat dilakukan sebagai pengantar tidur. Bagaimana jika kamu sudah pernah menceritakan tahun lalu? Manfaatkan teknologi, kemudian cari cerita-cerita islami dengan nilai-nilai positif di internet.  

Menyesuaikan Kegiatan dengan Tingkat Perkembangan Anak

Apapun bentuk kegiatan yang kita pilih untuk mengenalkan Ramadhan pada anak, selalu sesuaikan dengan tahap perkembangannya. Tahap perkembangan masing-masing anak berbeda dan unik. Termasuk kemampuan anak untuk turut serta dalam berbagai kegiatan pada bulan Ramadhan. Tugas kita adalah membuat puasa Ramadhan berkesan untuk anak, terutama anak yang baru pertama kali mencoba puasa.

Sumber:

https://health.detik.com/ibu-dan-anak/3224718/ingin-ajarkan-anak-puasa-di-bulan-ramadan-ini-pesan-psikolog?_ga=2.29659007.1702885654.1555637179-543930398.1553777822