Ramadhan adalah momen yang mampu membuat hubungan dengan keluarga menjadi kian mesra. Apalagi dengan Ramadhan 2020 yang diboncengi oleh pandemi virus Corona ini. Hadirnya pandemi ini memaksa para umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa untuk menjalaninya di rumah saja.

Dalam kondisi sehari-hari sebelum Ramadhan dan sebelum pandemi, kadang keluarga bisa terpisah dan sibuk dengan kegiatan masing-masing. Seperti pekerjaan, kegiatan sosial, urusan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan lain-lain. Tapi di saat Ramadhan—apalagi di kala pandemi ini—mau tidak mau semua anggota keluarga akan berkumpul di rumah.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang bisa meningkatkan kedekatan antar anggota keluarga—baik dengan pasangan atau dengan anak; baik itu secara spiritual maupun secara batiniah.

Salat berjamaah bersama keluarga selama bulan Ramadhan

Ketika anggota keluarga disibukkan dengan kegiatan masing-masing di luar rumah, salat berjamaah dengan keluarga menjadi kegiatan yang langka. Karena di Ramadhan kali ini semua anggota keluarga ada di rumah, maka ini saatnya menikmati keindahan salat berjamaah dengan keluarga. Anda tidak perlu memaksakan selalu salat berjamaah. Cukup setidaknya beberapa hari sekali, setidaknya lebih sering daripada sebelumnya.

Sahur dan buka puasa bersama

Menyantap hidangan bersama keluarga di bulan Ramadhan merupakan kegiatan yang menyenangkan dan pastinya mempererat. Agar lebih asyik, Anda bisa membagi tanggung jawab menyiapkan hidangan untuk buka maupun sahur dengan merata. Karena menyantap hidangan bersama dengan keluarga di satu meja makan merupakan kegiatan yang langka di masa sekarang.

Cerita sebelum tidur

Bulan Ramadhan bisa menjadi kesempatan yang sempurna untuk menambah wawasan dan mengajari anak akan teladan kisah-kisah Nabi di masa lalu. Jadikan kisah-kisah ini sebagai cerita pengantar tidur anak. Selain menambah kedekatan antara orang tua dan anak, kegiatan ini juga membuat anak belajar akan teladan baik dari kisah-kisah dan sejarah agama.

Mengaji bersama keluarga di bulan Ramadhan

Banyak keluarga yang menerapkan kegiatan mengaji bersama sekeluarga di bulan Ramadhan. Biasanya orang tua memberi target tertentu untuk anak-anaknya untuk dicapai. Luangkan waktu untuk mengaji seusai salat Magrib seusai buka dan sebelum makan malam.

Itu dia beberapa ide menarik untuk memanfaatkan bulan Ramadhan di balik pandemi ini untuk meningkatkan kedekatan dan keintiman dengan anggota keluarga. Selamat mencoba!

Referensi

Radan, S. (2018, Mei 18). Unique traditions of Ramadan in olden days. Diambil kembali dari Friday Magz

Siddiqui, S. (2017, Agustus 10). Reconnect with Family this Ramadan in 20 Minutes or Less. Diambil kembali dari Sound Vision