Dear Diari, hari ini aku berkebun bersama ayah dan ibu. Kata ayah ini adalah kegiatan yang sebelumnya sulit dilakukan. Tapi karena adanya pandemi dan harus di rumah saja, maka banyak aktivitas yang bisa aku lakukan termasuk berkebun. Tahu nggak sih, tadi pas menanam kangkung jarak tanamnya terlalu dekat, jadi ayah harus mengulang lagi.

Kira-kira begitu penggalan diari yang akan si kecil tulis selepas kegiatan Fams berkebun bersama keluarga. Pertanyaannya apakah si kecil kenal dengan diari? Tahu apa itu catatan harian?

Pertanyaan selanjutnya, apakah Fams juga masih rutin menulis catatan harian? Catatan harian barangkali kini tak lagi banyak yang memiliki dan secara konsisten menulisnya. Format bukunya pun sudah jarang yang punya, sesuai perkembangan zaman, kini catatan harian banyak ditulis pada aplikasi smartphone.

Bagi Fams yang ingin memperkenalkan catatan harian kepada si kecil, Fams bisa membaca artikel imaos.id sebelumnya yaitu: Cara Membuat Diari Bersama Anak

Apa itu buku harian? Buku harian adalah catatan kejadian dari hal-hal yang kita alami sehari-hari. Kita menulis kejadian yang mengesankan pada hari ini pada buku diari. Seperti contoh penggalan catatan di atas.

Catatan Harian atau Diari memiliki fungsi sebagai pengingat kenangan masa-masa yang pernah kita alami. Bisa juga sebagai momento/sejarah kehidupan kita.

Tidak sedikit anak usia 6 tahun ke atas yang masih kurang berani untuk mengungkapkan emosi, ekspresi, dan perasaannya atas apa yang terjadi pada dirinya. Maka dengan menulis buku diari bisa menjadi salah satu cara mereka untuk mengekspresikan perasaannya.

Selain itu banyak hal lain yang bermanfaat bagi Si Kecil, ketika mereka memiliki rutinitas menulis diari, salah satunya melatih kemampuan tulis tangan Si Kecil.

Manfaat Menulis Diari Bersama Anak

  • Manfaat Menulis Diari Bersama Anak untuk Melatih Kemampuan Menulis

Kemampuan menulis tangan perlu dilatih, hal ini bisa dilakukan dengan mengenalkan diari pada anak kita.  Selain nantinya akan melatih kemampuan menulis tangan, tentu juga akan melatih kemampuan mereka dalam membuat karya tulis. Karena kebiasaan baik yang dilakukan secara konsisten akan melekat dan menjadi bagian dari diri seseorang.

  • Mengekspresikan Perasaan

Anak sering kali sulit dalam hal mengekspresikan perasaan secara langsung. Ada hal yang mungkin dirasa membingungkan jika harus diungkapkan secara langsung kepada orang lain. Maka anak sering kali terlihat murung atau resah. Fams bisa mengatasi hal ini dengan mengenalkan kebiasaan menulis diari. Melalui diari kita bisa melihat bagaimana perkembangan perasaan anak, apa yang sedang mereka rasakan dan hadapi.

  • Memiliki Rutinitas Yang Bermanfaat

Rutinitas menulis catatan harian adalah rutinitas yang bermanfaat yang bisa Fams dan anak-anak lakukan. Misalnya menjadikan kegiatan menulis ini sebelum jam tidur, kita bisa membuat kesepakatan bersama anak-anak bahwa 30 menit sebelum jam tidur adalah kegiatan menulis catatan harian bersama.

  • Manfaat Menulis Diari Bersama Anak untuk Mengasah Kreativitas

Tidak mudah menulis catatan harian. Maka kegiatan ini akan mengasah kreativitas anak, kreativitas dalam menuangkan perasaan, menuangkan apa yang dialami, peristiwa dalam tulisan yang bercerita.

Selain itu, bisa juga mengasah mereka menjadi kreatif dalam hal memberikan ornamen atau hiasan pada lembar demi lembar catatan harian. Dalam satu kesempatan misalnya, menjadikan peristiwa atau cerita yang ada dalam catatan harian dalam bentuk lain, seperti membuat komik strip bersama anak dari peristiwa di catatan harian.

  • Sebagai Media Dokumentasi

Catatan harian adalah media dokumentasi dari peristiwa sehari-hari yang kita alami. Fams bersama buah hati akan memiliki dokumentasi tertulis tentang hal-hal yang menarik, menyenangkan atau bahkan hal yang tidak menyenangkan dalam satu catatan harian. Ini bisa bermanfaat di kemudian hari untuk dibaca kembali.

Nah bagaimana Fams? Banyak kan manfaat menulis diari bersama anak yang akan didapat ketika kita bisa mengajak si kecil menulis catatan harian bersama. Apakah Fams sudah siap untuk menulis catatan harian bersama si kecil? Selamat mencoba!