Apakah kamu pernah bermain flash card bersama anak? Atau, anakmu sudah terjebak dengan ‘candu gawai‘ karena pada satu waktu kamu ingin mereka diam dan tenang?

Permainan yang melibatkan ‘fisik’ memang kian menghilang, tergantikan berbagai hiburan digital dalam genggaman. Tetapi untuk kamu yang sampai pada artikel ini, cobalah untuk bermain flash card, karena banyak manfaat bermain flash card bersama anak.

Manfaat Bermain Flash Card

Flash card merupakan permainan sederhana dengan menggunakan sejumlah kartu dengan ilustrasi, foto atau gambar disertai kata-kata sederhana yang menarik perhatian anak-anak. Permainan ini bisa diajarkan mulai usia 6 bulan sampai 7 tahun.

Walau permainan ini sangat sederhana, namun kamu bisa memainkan dengan berbagai variasi permainan yang berbeda sesuai kreativitas kamu. Nah, selain itu banyak manfaat dari permainan flash card bersama anak sebagai berikut;

Membangun kedekatan orang tua dan anak; karena permainan flash card ini bisa dimainkan sejak dini, maka menjadi solusi bagi orang tua untuk membangun kedekatan bersama anak. Selain itu pada usia tersebut, otak anak sudah mencapai kondisi optimal.

Membantu stimulasi otak; bermain flash card bersama anak dapat membantu stimulasi otak anak. Saat bermain, sel-sel otak anak akan bekerja; mencerna, berpikir, dan mengingat semua informasi yang diterima. Ketika otak terstimulasi dengan baik sejak kecil, maka kecerdasan anak pun akan ikut meningkat

Merangsang daya ingat; permainan flash card ini mampu merangsang daya ingat anak agar menjadi lebih kuat dibanding orang dewasa. Ketika kamu menyebutkan nama dari gambar yang ada pada kartu, maka anak akan berusaha untuk mengingat dan mencari gambar mana yang dimaksud.

Melatih konsentrasi; permainan ini juga membantu anak untuk berlatih konsentrasi saat bermain. Jika anak-anak kesulitan dalam fokus pada satu hal, memberikan flash card adalah solusi yang tepat. Mainan edukatif ini menjadi solusi bagi anak-anak yang memiliki masalah dalam berkonsentrasi, maka orang tua perlu rutin mengajaknya bermain flash card supaya anak bisa lebih fokus pada satu hal.

Karenanya permainan flash card ini dianggap efektif untuk membantu si kecil belajar berbagai hal tergantung keinginan atau tema flash card yang kamu pilih untuk mainkan bersama anak misalnya; berisi nama-nama buah, nama-nama hewan, abjad, angka, dan lain sebagainya.

Tips Bermain Flash Card Bersama Anak

Kamu sebagai orang tua harus tahu bagaimana bermain flash card bersama anak sesuai dengan perkembangan dan usia mereka:

  1. Pada balita berusia di bawah 1 tahun, perkenalkan permainan ini dengan memberikan kartu satu demi satu secara perlahan.
  2. Ucapkan kata yang ada pada kartu secara jelas dan keras sambil menunjukkan gambar kepada anak.
  3. Pada anak yang sudah lebih besar dan terbiasa dengan permainan ini, kamu bisa meletakkan beberapa kartu sekaligus di meja atau lantai.
  4. Sebutkan salah satu nama gambar pada kartu secara acak, lalu minta anak untuk mencari gambar yang tepat.
  5. Kamu juga bisa dengan menunjuk satu kartu lalu meminta anak untuk menyebutkan nama dari gambar pada kartu tersebut.
  6. Bisa juga dengan memperkenalkan gambar yang ada pada flash card langsung dengan benda aslinya, misalnya gambar boneka dengan boneka miliknya.
  7. Ciptakan suasana bermain yang ceria dan menyenangkan agar anak bermain dengan hati yang riang.
  8. Jangan memaksa buah anak untuk langsung mengingat pelajaran yang sudah kamu sampaikan, karena anak pasti membutuhkan proses untuk bisa mencernanya.
  9. Ajak anak bermain dengan rutin supaya menjadi terbiasa untuk memainkannya.

Sebagai informasi, jika kamu belum memiliki flash card, kamu bisa banget mendapatkan flash card terbaik dari imaostore, berbagai pilihan flash card dan permainan anak tradisional yang dirancang untuk membantu tumbuh kembang anak. Tunggu apa lagi, langsung hubungi imaostore.1 atau di imaostore.2