Liburan keluarga menjadi aspek penting untuk meningkatkan bounding keluarga serta melepas penat karena rutinitas yang dijalani. Hampir semua manusia ingin sekali melakukan perjalanan untuk liburan, baik dalam jarak dekat maupun jauh. Salah satu lokasi kota yang bisa dijadikan rujukan wisata adalah Jogja.

Jogja terkenal dengan kota budaya dan pelajar. Berkat adanya keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Jogja menjadi pusat kebudayaan Jawa saat ini. Situs-situs sejarah dan kebudayaan dijadikan lokasi wisata sekaligus lokasi pembelajaran langsung untuk wisatawan.

Selain itu, sebagai kota pelajar Jogja memiliki banyak sekali kampus. Oleh karena itu, perekonomian di Jogja sangat pesat dengan banyaknya pendatang. Salah satu bentuk penyikapan ekonomi masyarakat Jogja untuk para pelajar ini adalah menyediakan tempat wisata yang menarik untuk muda-mudinya, seperti tempat nongkrong maupun tempat selfie.

Banyaknya lokasi atau tujuan wisata di Jogja memunculkan berbagai referensi di media sosial terkait lokasi atau tujuan wisata. Ada yang media sosial yang menyajikan informasi kuliner Jogja, wisata religi di Jogja, wisata anak muda, hingga wisata keluarga. Berikut adalah lokasi untuk liburan keluarga bertemakan edukasi di Jogja yang mungkin pas untuk keluarga kalian.

Wisata Edukasi di Jogja

Tim imaos.id menelusuri berbagai informasi yang pas untuk para keluarga yang ingin mengajak anaknya bermain sambil belajar. Ada beberapa lokasi wisata yang bisa dikunjungi bersama anak. Lokasi wisata ini juga bisa menjadi salah satu cara orang tua untuk memberi edukasi kepada anak-anak.

Taman Pintar Yogyakarta

Taman pintar adalah salah satu lokasi wisata yang punya visi sebagai wahana ekspresi, apresiasi dan kreasi sains yang terbaik se-Asia Tenggara dalam suasana yang menyenangkan. Kalian bisa mengajak anak-anak untuk berwisata di tempat ini.

Tempat ini menyajikan berbagai sarana pembelajaran sains yang dapat mendukung kurikulum pendidikan anak kalian. Wisata di sini juga menciptakan atmosfer untuk anak-anak mencintai sains dan teknologi. Bahkan, tempat ini sering dijadikan lokasi kunjungan sekolah-sekolah dalam upaya belajar di luar sekolah.

Kids Fun Yogyakarta

Kids Fun adalah tempat wisata bermain untuk anak-anak. Tempat ini berlokasikan di Jl. Wonosari No.KM, Madugondo, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792. Kids Fun menjadi salah satu lokasi kunjungan wisata terbaik untuk anak-anak di Yogyakarta.

Tempat wisata ini menyajikan berbagai wahana bermain untuk anak-anak, seperti permainan air, arung jeram buatan, gokart, driving school, dan lain sebagainya. Tempat ini bisa menjadi solusi untuk liburan keluarga di Jogja yang bertemakan wisata edukasi.

Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark atau yang sering dikenal dengan SKE adalah salah satu wisata edukasi yang ada di Jogja. Tempat ini berada di JL. Magelang KM 3 (Jl. Jambon) Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Wisata ini menyediakan berbagai wahana bermain untuk anak, seperti waterpark, kora-kora, light festival, dan lain sebagainya. Hal yang menjadikan tempat ini sebagai wisata edukasi karena menyediakan sarana untuk belajar dan mengenal batik di Omah Batik dan mengenal musik di Omah Musik.

Liburan Keluarga di Jogja dan Mengenal Kebudayaan Indonesia

Selain wisata bertemakan edukasi, di Jogja juga ada wisata yang tidak bertemakan edukasi tetapi dapat menambah wawasan kebudayaan nusantara. Sebagai kota budaya, Jogja cukup baik dalam mengemas pariwisata yang dekat dengan kebudayaan Indonesia.

Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi bersama anak sembari memberikan wawasan nusantara melalui apa yang ada di Jogja. Hal ini bisa dilihat jika kalian mengajak anak untuk pergi ke museum Kraton Ngayogjakarta Hadinigrat untuk mengenal lebih dekat bagaimana Yogyakarta membantu Indonesia.

Selain itu, ada museum-museum yang menyimpan banyak sekali bukti kebudayaan nusantara, candi-candi yang merepresentasikan kebudayaan kerajaan zaman dahulu, dan situs-situs sejarah lain yang bisa ditemukan (seperti situs Goa Slarong tempat persembunyian Pangeran Diponegoro).

Oleh karena itu, Jogja bisa menjadi solusi untuk mengajak anak kalian berwisata di libur panjang. Sembari meningkatkan kerekatan hubungan keluarga, wisata di Jogja membantu anak kalian menambah wawasan dalam aspek pendidikan umum maupun pendidikan tentang kebudayaan nusantara.