Liburan adalah hal yang menyenangkan di setiap orang. Apalagi berlibur dengan keluarga merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan ketika mempunyai waktu luang. Tak hanya menghilangkan stres, liburan keluarga juga berfungsi sebagai mempererat hubungan keluarga. Lalu, bagaimana liburan keluarga saat pandemi?

Di masa pandemi kali ini, liburan menjadi kegiatan yang sulit dilakukan, karena adanya pembatasan di suatu wilayah atau di tempat wisata itu sendiri. Namun, tidak usah panik selama kita menjalankan protokol kesehatan, liburan akan lebih aman dan menyenangkan. 

Agar liburan dengan keluarga tetap aman, berikut lima tips yang dapat dilakukan saat liburan dengan keluarga saat pandemi.

Cari Tempat Wisata di Dalam Kota

Tips pertama yaitu, carilah tempat wisata yang dekat atau berliburlah di dalam kota. Hal ini bertujuan untuk mengurangi paparan virus dari orang lain dan menghindari kerumunan yang bisa menimbulkan kluster virus baru.

Sebaliknya, jika Anda memilih berlibur di luar kota atau di tempat jauh, bisa saja orang yang berlibur itu membawa virus ke tempat wisata. Apalagi di masa pandemi ini tempat wisata di luar kota sebagian ditutup karena melonjaknya orang yang terpapar virus.

Maka dari itu, jika Anda ingin berlibur, ajaklah keluarga Anda ke tempat yang dekat atau di dalam kota.

Liburan Keluarga Pakai Transportasi Pribadi Saat Pandemi

Tips kedua yaitu gunakanlah alat transportasi pribadi. Alat transportasi aman menjadi salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan banyak orang saat akan berlibur. Mobil pribadi dianggap lebih aman dibanding mode transportasi lainnya dimasa pandemi. 

Bukan tanpa alasan, menggunakan mobil pribadi memungkinkan tidak berpotensi terpapar virus. Itu karena menggunakan mobil pribadi tidak berdesak-desakan seperti di transportasi lain.

Namun sebelum menggunakan mobil, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan di dalam mobil dan jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer dan masker.

Selain itu, Anda juga dapat membawa barang-barang bawaan sesuka hati. Jika bagasi mobil Anda luas itu akan membuat kita terasa nyaman saat berlibur.

Membawa Bekal dari Rumah

Dalam masa saat ini, selain harus beradaptasi dengan sejumlah kebiasaan baru, kebersihan asupan makanan menjadi hal yang perlu diperhatikan yaitu dengan membawa bekal dari rumah saat berlibur. 

Selain menghemat biaya makan, makanan yang disajikan pun lebih terjamin aman dan  menyehatkan karena lebih bersih dan higienis. Selain itu, di masa pandemi ini, membeli makanan di luar tidak efektif di kegiatan liburan dengan keluarga. 

Semakin banyak jumlah anggota keluarga, semakin banyak pula alokasi biayanya. Jika dari alokasi biaya ini dipotong biaya konsumsi di lokasi wisata, penghematannya akan lumayan.

Makanan bekal sendiri lebih terjamin, karena kita dapat melihat kebersihan dan kesegaran saat mengolah makanannya dan juga bisa menjamin kematangan dan nutrisi yang diperlukan untuk imunitas tubuh. 

Anda tidak perlu khawatir ada bahan tambahan yang membahayakan kesehatan karena semua makanan diolah sendiri. Apalagi bila salah satu anggota keluarga memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Karena diolah sendiri, Anda juga bisa menentukan menu yang sehat.

Usahakan Bertransaksi Secara non Tunai

Dimasa pandemi saat ini, memaksa masyarakat untuk mengubah kebiasaan terutama mengurangi kontak fisik. Dengan metode pembayaran non tunai, masyarakat dapat meminimalkan kontak langsung saat bertransaksi agar mencegah terpaparnya virus.

Hal serupa terutama dilakukan pada sistem pembayaran dengan sebisa mungkin menghindari pembayaran dengan uang tunai. Karena uang tunai dapat menularkan virus. Uang tunai juga sering berpindah dari tangan ke tangan dan bisa menjadi sarang berbagai bakteri dan virus.

Maka dari itu, sebisa mungkin sebelum bepergian atau berlibur siapkan saldo e-money atau sejenis uang elektronik untuk melakukan transaksi. Jika Anda terpaksa memegang uang tunai, sebaiknya sering-seringlah untuk mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer agar terhindar dari virus.

Liburan Keluarga Saat Pandemi Harus Protokol Kesehatan

Tips terakhir ini sangat penting bagi semua orang. Selalu menaati protokol kesehatan dengan melakukan sering mencuci tangan dan selalu membawa hand sanitizer di mana pun berada. Selain itu, tetap menjaga jarak dengan orang lain di mana pun berada, agar selalu aman terhadap sekitar. 

Jangan lupa membawa tisu. Tisu berfungsi untuk  membersihkan tangan atau anggota badan yang lain setelah memegang benda apa pun. Setelah selesai digunakan, buanglah tisu ke tempat sampah.Yang paling penting di saat liburan dengan keluarga atau dengan siapa pun yaitu jangan lupa memakai masker. Bawalah beberapa masker untuk mengantisipasi jika masker Anda basah, hilang, kotor, atau semacamnya. Simpanlah di tempat yang bersih dan gantilah masker setiap empat jam sekali.

Kontributor Penulis: Salsabila Bunga