Harga vaksin campak saat ini di kisaran harga 90.000 rupiah hingga 150.000 rupiah. Tergantung dari jenis vaksin dan penyedia layanan vaksinya. Hanya saja, sebelum melakukan vaksin campak akan lebih baiknya jika orang tua paham terlebih dahulu kenapa vaksin campak itu penting, manfaat dari vaksin ini, dan efek samping yang muncul setelah vaksin.

Hal ini karena vaksin campak tergolong jenis vaksin yang diwajibkan oleh pemerintah dan masuk dalam daftar program imunisasi dasar lengkap. Dengan kata lain, ada hal yang mengkhawatirkan dari campak ini sehingga pemerintah harus mewajibkan masyarakat untuk imunisasi campak.

Oleh karena itu, para orang tua penting untuk tahu apa sebenarnya campak itu sehingga setiap orang harus melakukan imunisasi campak minimal sekali dalam seumur hidup.

Apakah Campak Itu?

Sebelum kita melakukan imunisasi campak, lebih baik kita mengenal terlebih dahulu penyakit campak itu sendiri. Penyakit ini ini sering dikenal dengan rubella, yaitu suatu infeksi virus menular yang ditandai dengan demam, batuk, peradangan selaput ikat mata, dan ruam pada kulit.

Virus penyebab penyakit ini masuk dalam golongan paramixovirus yang penularannya terjadi karena menghirup percikan ludah penderita campak. Contoh, jika kalian sharing minuman dalam gelas yang sama dengan penderita campak, maka kemungkinan besar kalian akan tertular.

Proses penularan ini terjadi dalam waktu 2-4 hari. Setelah 4 hari tertular penyakit ini maka akan muncul ruam pada kulit. Jika kalian sudah terkena campak dan mengakibatkan ruam pada kulitmu, maka skin care pun tidak akan bisa menolongnya.

Jenis-Jenis Vaksin Campak

Penyakit campak ini diakibatkan oleh virus dalam golongan paramixovirus. Jenis virus ini sangat menyebalkan jika sampai menyerang kalian. Oleh karena itu, ada beberapa jenis vaksin campak yang diproduksi untuk melindungi diri dari virus tersebut.

Pertama adalah vaksin campak. Vaksin ini hanya bertujuan untuk melindungi diri dari penyakit campak saja. Kedua adalah vaksin MR. Vaksin MR bertujuan untuk melindungi pemakai vaksin dari serangan penyakit campak dan rubella. Ketiga adalah vaksin MMR. Vaksin MMR bertujuan untuk melindungi dari penyakit campak, rubella, dan gondongan.

Jenis-jenis vaksin ini perlu orang tua ketahui supaya tahu fungsi vaksin dan penyikapannya. Hal ini karena vaksin MR dan MMR sering membingungkan para orang tua. Jadi, jika vaksin MR hanya melindungi dari campak dan rubella, tetapi jika MMR itu melindungi dari campak, rubella, dan gondongan.

Hanya saja, jika kalian sudah merasa vaksin MMR untuk anak, tetap lebih baik juga jika kalian juga vaksin MR untuk anak. Hal ini dinilai lebih bagus karena menambah sistem kekebalan tubuh penerima vaksin.

Manfaat dan Efek Samping Vaksin Campak

Harga vaksin campak tidak sebanding dengan besarnya manfaat dari vaksin campak itu sendiri. Melihat bahayanya penyakit campak untuk tubuh, manfaat penerima vaksin campak ini sangat luar biasa.

Faktanya, campak dapat membahayakan nyawa anak jika kondisinya parah. Di sisi lain, rubella bisa membuat cacat lahir seumur hidup. Tidak ada pengobatan yang mampu menyembuhkan penyakit ini. Hal yang paling mungkin dilakukan hanyalah melindungi diri dengan vaksin.

Hanya saja, ada efek samping yang akan muncul setelah anak imunisasi campak. Beberapa hal yang dituliskan dr. Tjin Willy bahwa efek samping setelah vaksin campak ini meliputi gangguan penglihatan dan pendengaran, memar, kejang, demam, bengkak, mual dan muntah, diare, atau sakit kepala.

Namun demikian, kebanyakan anak setelah imunisasi campak ini cenderung demam saja. Untuk efek samping yang lain sangat jarang terjadi. Akan lebih baiknya, orang tua melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan imunisasi campak supaya lebih terkondisikan.

Harga Vaksin Campak Tergantung Penyedianya

Artikel ini adalah lanjutan dari hasil riset biaya vaksinasi bayi yang ada di Indonsesia. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, harga vaksin campak ini di kisaran 90.000 rupiah hingga 150.000 rupiah. Tergantung dari penyedia jasa layanan vaksin.

Hal ini karena pengaruh dari berbagai faktor penyedia jasa. Harga vaksin campak di puskesmas berbeda dengan di bidan. Harga dari bidan berbeda dengan klinik penyedia jasa vaksin. Bahkan, harga vaksin campak dari klinik vaksin juga berbeda dengan harga dari rumah sakit.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi harga vaksin ini. Pastinya, biaya yang kalian keluarga untuk vaksin campak pada anak itu lebih murah ketimbang manfaat yang didapatkan. Perlindungan diri dari penyakit campak lebih baik karena penyakit campak sangat berbahaya.