Apa itu decluttering dan mengapa kegiatan ini cocok dilakukan pada masa isolasi? Dalam masa isolasi ini istilah decluttering sering kita dengar. Sederhananya, decluttering adalah beres-beres. Merapikan dan memilah barang-barang di rumah. Pada masa isolasi ini, kita terpaksa untuk melakukan segala bentuk kegiatan dari rumah saja dan tidak pergi ke mana-mana. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penularan virus Corona yang meningkat.

Di sisi lain, decluttering bisa menjadi sebuah opsi kegiatan yang menyenangkan dan produktif semasa Anda menghabiskan waktu mengisolasi diri di rumah, baik sendiri maupun bersama keluarga.

Apa itu decluttering?

Decluttering merupakan sebuah kata dalam bahasa Inggris yang artinya ‘menyingkirkan benda-benda yang tidak dibutuhkan dari tempat yang berantakan’. Clutter sendiri artinya adalah sebuah kekacauan atau sesuatu yang berantakan dan tidak teratur. Decluttering adalah kegiatan atau proses menyeleksi dan memilah benda-benda yang menjadi penyebab ketidakteraturan dan berantakan yang terjadi.

Misalnya seperti baju yang menumpuk di atas kursi, mainan yang berserakan di lantai, isi lemari baju yang berantakan, hingga isi gudang yang tidak jelas apa isinya. Seperti disebut di atas, secara sederhana decluttering adalah kegiatan beres-beres dengan cara memilah dan mengorganisir benda-benda yang Anda miliki.

Mengapa decluttering menjadi kegiatan yang cocok dilakukan kala isolasi

Kondisi tempat tinggal yang berantakan bisa memicu stres pada orang-orang yang tinggal di sana. Terutama apabila Anda terperangkap di tempat yang berantakan selama isolasi wabah Corona ini hingga menantinya berakhir.

Situasi yang berantakan dapat memicu stres dan kecemasan karena Anda tidak tahu letak barang-barang yang mungkin Anda butuhkan. Sedangkan di masa isolasi ini, kesehatan mental dan fisik yang prima merupakan hal yang harus dijaga kala isolasi ini. Menumpuknya benda-benda secara tidak teratur bisa menjadi sarang penyakit.

Di sisi lain, kegiatan decluttering bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kepuasan yang didapat setelah Anda berhasil mengorganisir barang-barang Anda bisa menjadi pemicu semangat untuk menjalani isolasi tanpa stres. Selain itu, decluttering juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Manfaat decluttering di masa isolasi

Bagi Anda yang belum pernah melakukan decluttering pada tempat tinggal Anda, Anda mungkin bertanya-tanya: apa gunanya? Nah, tolong simak paparan di bawah ini.

1. Memberi ruang lebih

Untuk berkegiatan, Anda butuh ruang. Baik itu untuk bekerja, belajar, berpikir, hingga menari kesana-kemari. Terkadang benda-benda yang berserakan bisa menghalangi jalan atau mempersempit ruang gerak. Dengan melakukan decluttering kala isolasi, Anda bisa memiliki banyak ruang untuk bebas bergerak dan beraktivitas.

2. Menentukan apa yang penting untuk Anda

Decluttering menuntut Anda untuk memilih antara barang yang Anda butuhkan dan yang tidak dibutuhkan. Dengan membiasakan ini, Anda juga turut melatih diri untuk lebih yakin dan percaya diri dalam menentukan mana yang Anda perlukan dan mana yang tidak dalam aspek kehidupan lainnya.

3. Membentuk preferensi dan selera pribadi

Terkadang ketika diharuskan memilih untuk menyimpan atau membuang sebuah benda, seringkali pilihan jatuh untuk menyimpan benda tersebut karena Anda merasa masih menyukai atau membutuhkan benda tersebut, meskipun sebenarnya tidak. Faktanya, dengan melakukan decluttering di masa isolasi ini, Anda akan dipaksa untuk melakukan pilihan. Nah, dengan melakukan pilihan ini, Anda akan mulai menyadari seperti apa selera dan preferensi Anda—seperti pilihan baju, dekorasi, hingga hobi yang Anda sukai.

4. Menghemat uang

Sederhananya, dengan tidak membeli, maka pengeluaran Anda akan berkurang. Menabung jadi lebih mudah. Namun terkadang dengan menyimpan beberapa barang tertentu, justru Anda harus mengeluarkan uang untuk menyimpan dan merawatnya.

5. Bisa menghasilkan uang

Anda bisa mencoba untuk menjual benda-benda yang sudah tidak lagi Anda butuhkan, atau menyumbangkannya ke orang lain yang lebih membutuhkan. Selain itu, Anda bisa menjual barang-barang seperti koran atau botol plastik bekas dengan jumlah kiloan.

6. Mempermudah bersih-bersih ke depannya

Dengan melakukan decluttering di masa isolasi, Anda akan lebih mudah jika ingin melakukan kegiatan bersih-bersih kecil, seperti menyapu atau mengepel. Karena terkadang yang membuat orang malah menyapu adalah benda-benda yang berserakan.

Rumah Anda harusnya menjadi tempat yang nyaman untuk Anda menghabiskan waktu luang Anda, apalagi di masa isolasi ini yang mengharuskan Anda untuk tinggal di rumah saja dalam waktu yang lama. Jadi tunggu apa lagi? Ayo manfaatkan masa isolasi ini untuk decluttering!

Referensi

Grant, L. (2018, Maret 6). WHAT IS CLUTTER AND DECLUTTERING? Diambil kembali dari Simplify Stuff

Kaplan, J. (2019, November 3). 7 Reasons to Declutter Right Now. Diambil kembali dari The Spruce

Malamut, M. (2020, April 10). Easy ways to declutter your home during coronavirus lockdown. Diambil kembali dari NY Post