Bagi pemiliki hobi mobil tua, mereka pasti punya banyak sekali tips cara membeli aki mobil. Mengingat mobil tua yang sering bermasalah, aki mobil menjadi salah satu permasalahan yang sering mereka alami. Bahkan, aki mobil ini pun sering juga bermasalah di mobil-mobil baru masa kini.

Pada dasarnya, permasalahan aki mobil ini bukan semata karena usia mobil saja. Tapi, masalah aki soak ini karena memang aki tersebut memang sudah tidak layak pakai. Oleh karena itu, pemilik mobil harus paham betul kapan aki harus diganti dengan yang baru. Berikut ini adalah cara membeli aki mobil yang sesuai dengan kendaraanmu.

Aki Mobil Sesuai Spesifikasi Mobil

Tiap mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Di masing-masing perbedaan spesifikasi mobil tersebut mempengaruhi kelistrikan dari mobil. Oleh karena itu, daya listrik yang dibutuhkan oleh masing-masing mobil bisa berbeda satu dengan lainnya.

Perbedaan dari spesifikasi ini biasanya bawaan atau modifikasi. Komponen yang sering membedakan adalah sound system, AC, penggunaan alarm, atau pemasangan aksesori lampu yang berlebihan. Dengan kata lain, perbedaan komponen yang menggunakan kelistrikan tersebut harus dipertimbangkan dengan kebutuhan daya.

Dengan kata lain, pastikan kalian membeli aki mobil mengikuti yang sudah ditetapkan oleh buku manual mobil. Apabila kalian melakukan beberapa modifikasi komponen dalam mobil, maka sebaiknya kalian konsultasikan dengan bengkel resmi mobil untuk memilih aki mobil yang pas untuk kebutuhan kalian.

Menentukan Jenis Aki

Ada dua jenis aki mobil yang sering digunakan sejauh ini, yakni aki kering dan aki basah. Perbedaan aki ini ada pada cairan di dalamnya. Pada aki kering, cairan yang digunakan lebih padat dan bentuknya seperti gel. Di sisi lain, aki basah cairannya lebih encer atau cair seperti air pada umumnya.

Perbedaan dua jenis aki ini sesuai dengan karakter pengguna mobil. Aki kering membutuhkan perawaan yang minim, bahkan sering disebut juga maintenance free (MF). Di sisi lain, perawatan untuk aki basah lebih perlu perhatian lagi. Pengguna aki basah harus rutin merawat aki seperti mengisi cairan aki jika sudah mau habis.

Hindari Membeli Aki Rekondisi

Aki rekondisi adalah aki bekas sehingga tidak boleh asal membelinya begitu saja. Di saat kamu ingin menyelesaikan masalah mobilmu karena aki soal maka jangan sekali-kali membeli aki yang rekondisi ini. Aki rekondisi sering menimbulkan permasalahan pada mobil di kemudian hari sehingga sangat disarankan untuk dihidari.

Lebih baik menambah sedikit uang untuk membeli aki yang baru. Hal ini lebih memberikan jaminan kelistrikan yang stabil pada kendaraanmu. Selain itu, aki baru tidak akan menimbulkan masalah kelistrikan pada mobilmu di kemudian hari.

Cara Membeli Aki Mobil

Setelah memahami spesifikasi mobil dan menentukan jenis aki, saatnya kita bahas cara membeli aki mobil yang baik itu seperti apa. Hal ini menjadi pertimbangan terakhir sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian aki mobilmu, yakni belilah aki mobil yang baru di toko-toko yang terpercaya. Jangan sesekali asal membeli aki meskipun itu terlihat baru, tapi belilah aki dengan pertimbangan harga, kualitas produk dan toko, serta garansi yang diberikan.