Bermain catur adalah salah satu hobi yang banyak diminati oleh para bapak-bapak. Layaknya sebuah nasi, bermain catur bisa dinikmati oleh semua kalangan, dari segala usia hingga status sosial. Salah satu wujud nyata kepopuleran catur ini tampak di setiap pos-pos ronda pasti ada papan catur. Sembari ronda, biasanya bapak-bapak yang berjaga sembari bermain catur. Oleh karena itu, berikut ini adalah 5 teknik sederhana catur yang bisa kamu mainkan.

Forks (Double-attacks)

Dilihat dari namanya, teknik ini menyerupai sebuah garpu, yakni suatu strategi yang bertujuan untuk membuat gerakanmu memberikan dua ancaman sekaligus. Teknik ini juga sering dikenal sebagai serangan ganda karena akan mempersulit lawan untuk bertahan dari ancaman yang datang secara bersamaan.

Pins

Teknik ini terletak pada kemahiran dan kejelian pemain dalam memancing lawan dan menetapkan posisi untuk memojokkan lawan. Pada dasarnya, teknik ini untuk mengalihkan perhatian lawan dengan mengejar salah satu bidak untuk mendapatkan bidak yang lebih berharga.

Removing the Defender

Teknik ini bertujuan untuk mengorbankan bidak demi mendapatkan bidak lawan yang berharga. Pertukaran ini akan terjadi jika bidakmu dianggap berharga oleh lawan dan membuat lawan terlena dengan bidak tersebut sehingga langkah selanjutnya kamu bisa bergerak ke arah yang lebih efektif dalam mengancam lawan.

Discovered Attacks

Teknik ini digunakan saat posisimu cukup menguntungkan untuk menyerang. Serangan ini muncul ketika kamu mendapatkan kesempatan memindahkan bidak yang memberikan ancaman kuat dari bidak di belakangnya. Namun, teknik ini hanya bisa diterapkan kepada pemain lawan yang tidak profesional atau lawan yang sedang lengah dengan pertahanannya.

Tempo Moves

Teknik ini disebut sebagai gerakan tempo atau gerakan yang mendapatkan waktu untuk mengancam lawan bertahan secara pasif. Kesempatan menggunakan teknik ini bisa kamu dapatkan jika pembukaan pertamamu mengungguli pertahanan lawan yang agresif dan gegabah dalam permainan.

Menjadi GM Catur di Pos Ronda dengan 5 Teknik Sederhana Catur

Kelima teknik carur ini merupakan penyederhanaan dari konten the most common tactical motifs in Chess yang bisa kamu temukan di sistem pencarian. Teknik ini sangat ampuh digunakan untuk permainan catur non-profesional karena strategi yang digunakan bisa terbilang sederhana. Namun, teknik ini mampu membuatmu tampak mahir di kalangan pemain catur pos ronda.

Bahkan, jika calon mertuamu gemar bermain catur, maka teknik ini bisa kamu gunakan untuk menjadi calon menantu idaman. Teknik sederhana seperti ini tidak banyak diketahui oleh orang-orang tetapi teknik ini mungkin tidak akan bisa kamu gunakan di tingkat turnamen. Setidaknya, teknik ini cukup membuatmu terlihat keren di mata orang-orang awam.