Ada kalanya balita perlu minum obat agar sembuh. Ketika si kecil sakit, orang tua pasti khawatir dibuatnya. Beberapa penyakit perlu disembuhkan dengan obat. Sayangnya, sebagian besar obat memiliki rasa yang kurang enak. Mengajak anak untuk sembuh dengan minum obat butuh usaha besar karena pastinya anak ogah meminum obat yang rasanya pahit dan tidak menyenangkan.

Kendati demikian, minum obat itu penting agar anak cepat sembuh. Menjelaskan ini kepada anak tidak akan lantas membuat anak mengerti dan jadi mau minum obat. Untuk melakukan hal ini, orang tua harus sedikit kreatif dan menerapkan beberapa trik agar anak mau minum obat. Silahkan disimak!

1. Coba pendekatan yang berbeda agar balita mau minum obat

balita minum obat dengan pendekatan yang berbeda

Cara meminumkan obat berpengaruh terhadap mau atau tidaknya anak minum obat. Kadang melihat bentuk obat yang kurang sedap dipandang atau menghirup bau obat di sendok saja sudah membuat anak mual. Anda bisa mencoba menggunakan pipet obat, suntikan plastik tanpa jarum, atau gelas kecil yang sesuai dengan dosisnya dan bisa diminum dalam sekali teguk. Variasi cara minum obat yang Anda berikan bisa mempermudah proses minum obat si kecil.

2. Hancurkan agar balita mau minum obat

membuat balita minum obat dengan memecah obatnya

Terkadang besar obat membuat balita sulit untuk menelannya. Anda bisa mencoba memecahnya menjadi 2 atau 3 bagian, atau menumbuknya hingga menjadi bubuk dan meminumkannya ke balita Anda selayaknya puyer.

3. Sembunyikan dalam makanan/minuman

membantu balita minum obat dengan menyembunyikan obatnya

Tanyakan dahulu pada dokter atau apoteker apakah Anda bisa mencampur obat yang perlu diminum anak Anda ke dalam makanan/minuman lain. Jika dokter atau apoteker memperbolehkan, maka Anda bisa mencoba menyelipkan obat ke makanan atau minuman yang disenangi anak, seperti selai roti, es krim, atau buah-buahan.

4. Letakkan langsung di bagian dalam mulut

balita minum obat langsung di ujung mulut

Indera pengecap pada lidah terletak di bagian depan dan tengah lidah. Artinya, Anda bisa membuat anak tidak perlu merasakan pahitnya obat dengan cara meletakkan obat di bagian belakang lidah agar lebih mudah langsung tertelan. Namun tentunya cara ini membutuhkan keahlian tertentu dari orang tua. Pastikan juga tangan Anda bersih.

5. Bujuk anak dengan hadiah agar balita mau minum obat

membujuk balita minum obat dengan hadiah

Sedikit bujukan barangkali bisa membantu anak Anda meminum obat. Coba tawari anak mainan baru atau makanan favoritnya apabila ia berhasil meminum obatnya.

6. Beri ekspresi yang tepat pada balita seusai minum obat

menjaga ekspresi agar balita minum obat

Perhatikan ekspresi Anda saat memberikan anak obat. Meskipun Anda mungkin merasa tidak enak atau bahkan merasa jahat karena memaksa anak melakukan hal yang tidak ia suka, Anda tidak perlu minta maaf. Jangan tunjukkan ekspresi sedih atau bersalah sama sekali.

Justru Anda perlu memasang ekspresi bangga atau senang karena anak berhasil minum obat. Jaga ekspresi Anda. Jika anak melihat ekspresi Anda yang negatif, maka ia akan merasa bahwa ia meminum obat adalah sesuatu yang salah.

Referensi

Getting Toddlers to Take Medicine: 8 Tricks to Try. (2019). Diambil kembali dari whattoexpect.com.