Kala melaksanakan work from home, produktivitas kerja tentunya akan meningkat jika ruang kerja Anda nyaman. Kala isolasi virus Corona ini, banyak pekerjaan yang menerapkan sistem work from home, yakni bekerja dari rumah. Artinya, pekerjaan dilakukan dari jarak jauh. Tak hanya pekerjaan, kegiatan belajar sekolah pun dilakukan dari rumah.

Kondisi lingkungan pastinya akan mempengaruhi kenyamanan Anda dalam bekerja dan melakukan tugas kantor. Oleh karena itu, dalam artikel ini IMAOS akan memberikan beberapa tips dalam menata ruang kerja yang ideal

1. Pilih ruang yang akan dijadikan ruang kerja selama Work From Home

Jika Anda sudah memiliki ruang kerja khusus di rumah Anda, maka Anda beruntung. Namun karena ketentuan Work From Home yang mendadak, tidak semua orang memiliki ruang kerja yang siap digunakan. Apabila Anda belum memiliki ruang kerja khusus, maka ada baiknya Anda mulai menyiapkannya.

Anda tidak harus memiliki satu ruangan khusus untuk bekerja. Toh Anda tidak akan menghabiskan waktu seharian di ruangan itu. Anda cukup memilih satu spot di rumah Anda yang kira-kira cukup mendukung untuk bekerja.

Mulailah dengan mencari permukaan rata untuk Anda meletakkan laptop/komputer dan dokumen-dokumen penting Anda. Pastikan ada ruang gerak yang cukup untuk kaki Anda. Anda bisa memilih meja makan atau meja belajar.

Pastikan lokasi itu nyaman. Jika terlalu terang, Anda bisa menutup jendela dengan gorden. Jika terlalu panas, gunakan AC atau kipas angin. Intinya, pilihlah ruangan yang mendukung kebutuhan kerja Anda.

2. Siapkan peralatan untuk ruang kerja selama Work From Home

Biasanya peralatan mendasar untuk ruang kerja kala Work From Home mencakup paling tidak laptop atau komputer serta jaringan internet yang mumpuni. Jika Anda bekerja menggunakan laptop, pastikan siku dan pergelangan tangan Anda membentuk garis siku-siku yang lurus.

Pastikan laptop Anda ada di posisi yang tidak mengharuskan Anda untuk membungkuk kala menggunakannya. Karena terlalu lama membungkuk bisa membuat punggung dan leher Anda pegal. Jika perlu, letakkan laptop Anda di atas tumpukan buku agar layar laptop menghadap lurus ke pandangan Anda.

3. Gunakan alat-alat dan teknologi yang mendukung

Seringkali situasi Work from Home menuntut Anda untuk melakukan video call atau video conference dari ruang kerja Anda. Artinya, Anda perlu memastikan Anda memiliki alat-alat dan teknologi yang mendukung. Pertama-tama tentunya Anda membutuhkan laptop atau komputer. Kemudian jaringan internet. Pilihlah provider jaringan internet yang terbaik.

Jika Anda menggunakan komputer yang tidak disertai kamera bawaan, berarti Anda membutuhkan kamera webcam. Anda juga membutuhkan headset agar Anda bisa berbicara dan mendengar dengan lebih baik. Selain hardware, pastikan juga Anda memiliki piranti lunak yang dibutuhkan, seperti Zoom, Google Drive, dan semacamnya.

4. Atur posisi yang aman, nyaman, dan ergonomis di ruang kerja selama Work From Home

Posisi tubuh dan perasaan yang nyaman mampu meningkatkan motivasi dan efisiensi bekerja. Jadi apabila Anda bekerja dalam kondisi yang nyaman, Anda bisa bekerja dengan lebih efektif. Pilihlah kursi yang pas dengan postur tubuh Anda dan sesuai dengan tinggi meja bekerja. Work From Home akan terasa lebih nyaman jika ruang kerja Anda mendukung.

Tak hanya perihal ergonomis, namun lingkungan Anda juga perlu dipastikan layak dan rapi. Kala melakukan video call terkait pekerjaan, pastikan background Anda tidak memperlihatkan benda-benda yang berantakan atau barang yang bersifat pribadi.

Selain itu, atur juga durasi Anda bekerja di depan laptop/komputer. Ketika Anda mulai merasa lelah, segera sudahi atau istirahat sejenak.

5. Jaga kondisi fisik dan mental

Tak kalah pentingnya dengan ruang kerja, kondisi Work From Home juga memerlukan kondisi fisik dan mental yang baik. Terkait ruang kerja, Anda bisa meningkatkan kondisi fisik Anda dengan menyediakan cemilan atau minuman di meja kerja Anda. Jangan ragu juga untuk meletakkan dekorasi yang nyaman dilihat.

Semoga wabah Corona ini segera usai dan kita semua bisa kembali ke rutinitas masing-masing. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

Referensi

Dashiell, L. (2020, Maret 19). Five tips for setting up a home workspace during the coronavirus outbreak. Diambil kembali dari Domain

Giles, I. (2017, November 7). 3 Tips for Setting Up a Home Office. Diambil kembali dari Medium