Bagaimana tips untuk mulai melaksanakan decluttering di rumah kala isolasi? Sebelumnya, jika Anda belum tahu apa itu decluttering, silahkan baca terlebih dulu di sini. Dalam artikel kali ini, IMAOS akan memberikan beberapa tips langkah demi langkah untuk mulai melakukan decluttering di rumah. Tiap orang tentunya memiliki pendekatan yang berbeda-beda terkait detailnya. Oleh karena itu, tips yang akan kami berikan berupa tips secara umum dan yang wajib dilakukan. Silakan disimak!

Tips 1 : Jelajahi tempat isolasi sebelum memulai decluttering

Cobalah berkeliling dan jelajahi tempat tinggal Anda sembari mencatat. Tips pertama adalah catat bagian mana saja yang sekiranya perlu untuk diberi decluttering kala isolasi ini. Pilih lokasi-lokasi yang terlihat berantakan dan tidak tertata, termasuk tempat yang tertutup seperti di dalam lemari atau rak dapur. Catat juga apa yang kira-kira perlu Anda lakukan serta ide-ide dekorasi yang muncul tiba-tiba.

Tips 2 : Susun rencana decluttering dan persiapannya kala isolasi

Buatlah sebuah rencana dan prioritasnya. Tanyakan pada diri Anda sendiri, bagian mana yang paling mendesak untuk segera dirapikan? Kemudian susun juga rencana yang akan Anda lakukan setelah decluttering, termasuk mendekorasi ulang tempat tersebut. Susun juga rencana kategorisasi barang-barang untuk lokasi seperti lemari atau rak. Kategorikan barang-barang kecil, misal menyusun baju berdasarkan warna atau berdasarkan fungsinya.

Lalu siapkan juga alat-alat yang Anda butuhkan. Pastinya Anda membutuhkan kantong besar untuk menaruh barang-barang yang sudah tidak Anda butuhkan. Kemudian alat tulis dan label untuk menandai barang-barang yang sudah Anda pilah.

Tips 3 :  Tentukan waktu dan durasi

Tips ketiga adalah menentukan kapan Anda akan mulai melaksanakan decluttering kala isolasi ini. Pilihlah waktu yang tidak mengganggu jam bekerja maupun belajar Anda. Banyak ahli yang menyarankan untuk melakukan decluttering ini di pagi hari agar energinya masih banyak. Anda juga bisa melakukan decluttering sebagai bentuk terapi saat Anda merasa cemas atau stres. Decluttering dan kegiatan mengorganisir dipercaya mampu membantu saat Anda merasa down.

Kemudian tentukan durasinya. Disarankan untuk mulai dengan durasi 1 jam, setelah itu lihat kembali perasaan Anda. Tidak perlu menyelesaikan semuanya secara langsung dalam waktu singkat. Decluttering bukan hanya sebuah pekerjaan, namun juga sebuah proses mental yang butuh fokus dan perasaan.

Tips 4 : Jangan setengah-setengah dalam melakukan decluttering kala isolasi

Ketika melakukan decluttering, apalagi di saat isolasi, banyak orang yang merasa jengah di tengah-tengah karena melihat tumpukan barang yang berantakan. Butuh konsistensi dan dedikasi yang tinggi untuk bisa menyelesaikannya. Tak hanya di tengah, namun juga di awal ketika memulai. Tips berikutnya adalah jangan ragu untuk mengosongkan semua barang di dalam lemari kala decluttering saat isolasi agar hasilnya lebih maksimal dan terorganisir.

Tips 5 : Reuse & recycle

Di masa isolasi wabah Corona ini mungkin decluttering akan lebih bersifat pribadi dan individual. Artinya, kecil kesempatan untuk bisa memberi atau menjual barang ke orang lain, meskipun bukan tidak mungkin sama sekali. Anda hanya bisa mengandalkan diri sendiri atau anggota keluarga lainnya. Maka dari itu, gunakanlah konsep reuse dan recycle. Cari cara dan ide agar barang-barang yang tidak dibutuhkan bisa Anda alihkan kegunaannya, misal untuk mendekorasi lokasi lain dan semacamnya.

Itu dia kira-kira tips untuk memulai decluttering kala isolasi ini. Tunggu apa lagi? Ayo mulai!

Referensi

Howdle, J. (2020, April 7). How to declutter while in self-isolation. Diambil kembali dari Herts Advertiser