Mengajak anak balita ke kondangan pasti tidaklah mudah. Apa yang perlu dilakukan ketika Anda tengah mengurus anak balita Anda namun Anda juga harus memenuhi undangan hari bahagia karib atau saudara? Kekhawatiran pasti melanda diri Anda dan pasangan. Eits, jangan khawatir dulu!

Sebagai bagian dari generasi milenial, tentunya pernikahan menjadi salah satu agenda penting yang sedang marak terjadi pada generasi Anda. Dengan kata lain, bukan hal aneh jika nyaris tiap bulannya Anda mendapatkan undangan untuk menghadiri pernikahan karib Anda. Apalagi jika Anda memiliki jumlah teman yang sangat banyak.

Lantas bagaimana cara agar Anda sekeluarga bisa berangkat kondangan dengan lancar namun balita tetap bahagia? Simak beberapa tips berikut ini!

1. Persiapkan segala rencana sebelum mengajak balita kondangan

Jangan melakukan semuanya secara mendadak. Pastikan Anda melakukan perhitungan dan perencanaan yang matang  Namun jangan berekspektasi bahwa semua akan berjalan lancar. Jangan biarkan diri Anda sendiri frustrasi hanya karena soal mengajak balita ke kondangan.

Diskusikan dengan pasangan Anda segala skenario. Misal ketika anak menangis dan tidak bisa dihentikan, apakah Anda akan pulang, atau bagaimana? Bagaimana sistem giliran menjaga balita di lokasi kondangan nanti? Lebih baik repot di awal daripada pusing nantinya.

2. Cari tempat duduk yang jauh dari keramaian

Agar Anda dapat pergi dan pulang ke rumah ketika balita Anda menangis dan berteriak tanpa henti, pastikan Anda memilih tempat duduk yang dekat dengan pintu keluar. Atau pilihlah tempat yang tidak terlalu ramai agar Anda bisa leluasa mengurus balita Anda tanpa perlu khawatir mengganggu undangan lainnya.

3. Bawa makanan dan cemilan untuk balita

Cemilan atau snack ringan bisa menjadi solusi yang manjur untuk menyenangkan anak balita. Bawalah cemilan favorit balita Anda ketika Anda mengajak ia pergi ke kondangan atau acara resmi lainnya. Ketika ia tampak akan menangis, beri ia distraksi dengan cemilan yang ia sukai. Sertakan juga cemilan yang sehat, seperti sayuran.

4. Mengajak balita mencari hiburan atau cemilan baru dalam kondangan

Meski penuh akan orang, bukan berarti kondangan tidak bisa menjadi hiburan bagi balita Anda. Coba gendong atau dorong bayi Anda dalam stroller-nya dan ajak dia berkeliling, misal melihat dekorasi gedung atau melihat tanaman di taman. Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk mengajarkan perbendaharaan kata baru pada anak. Atau Anda juga bisa mengajak balita memilih buah-buahan atau kue yang biasa disediakan sebagai hidangan acara kondangan tersebut.

5. Bawa stroller kala mengajak balita ke kondangan

Meski tidak semua anak senang duduk manis di stroller atau kereta bayi, sebagian besar balita akan lebih tenang dalam stroller-nya yang dilengkapi dengan mainan dan cemilan kesukaannya. Bahkan banyak orang tua yang memilih untuk membiarkan anaknya duduk di dalam stroller selama kondangan berlangsung. Jadi, membawa stroller kala mengajak balita ke kondangan adalah hal yang wajib.

6. Lampiaskan energi si balita

Terkadang durasi kondangan yang tidak sebentar bisa membuat balita bosan dan ingin bergerak dan beraktivitas. Jika tanda-tanda ini mulai terlihat, bawalah balita Anda ke lokasi di luar acara dan ajak ia bergerak. biarkan ia merangkak atau berjalan bebas. Setelah ia puas, Anda bisa membawanya kembali ke dalam acara.

Biarkan balita Anda menjadi saksi atas semua kegiatan Anda dan kenalkan dirinya ke sobat karib dan saudara Anda. Jangan ragu mengajak balita pergi ke acara resmi seperti kondangan atau semacamnya. Selamat mencoba!

Referensi

Michelle, K. (2016, Januari 31). 7 TIPS FOR SURVIVING A WEDDING WITH A TODDLER. Diambil kembali dari Katie Did What