Vaksinasi bayi atau imunisasi merupakan langkah vital dalam menjaga kesehatan bayi. Vaksinasi yang lengkap dan tepat mampu menghalau hingga belasan penyakit. Berdasarkan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), usia sekitar 3 bulan merupakan usia yang cukup vital untuk vaksinasi anak. Di usia 3 bulan, anak harus diberikan vaksinasi seperti polio, DTP, Hepatitis B, dan Rotavirus.

Meskipun vaksinasi penting, namun berkenalan dengan jarum suntik bukanlah hal yang mudah bagi bayi, apalagi bayi yang baru berusia 3 bulan. Banyak orang tua mengeluhkan bayinya yang menangis rewel usai disuntik. Lalu bagaimana cara agar bayi usia 3 bulan lekas tenang usai vaksinasi? Berikut ini adalah beberapa tips-nya. Silakan disimak!

1. Menengkurapkan bayi agar mudah menjalani vaksinasi

vaksinasi bayi tengkurap

Tengkurap merupakan posisi tubuh paling familiar untuk bayi berkat diterapkannya tummy time. Bayi yang sedang rewel atau menangis dipercaya mampu lebih tenang ketika diposisikan di posisi yang membuatnya lebih nyaman.

2. Mengayunkan bayi selang vaksinasi

vaksinasi bayi ditimang

Menimang-nimang bayi di buaian Anda dipercaya mampu menenangkan bayi dengan efektif. Gerakan mengayun yang dilakukan kala menimang bayi akan membuat bayi lebih nyaman dan melupakan rasa sakitnya usai vaksinasi.

3. Memberi bayi sesuatu untuk dihisap

Pembiasaan bayi menyusu pada payudara ibu akan membuat sensasi oral bayi menjadi sesuatu yang menenangkan dan menyenangkan. Memberi bayi sesuatu untuk dihisap biasanya efektif untuk menenangkan bayi usai vaksinasi. Anda bisa menyusui bayi secara langsung, menggunakan botol susu, atau memberinya dot.

4. Memberi obat

Jika bayi terus menangis karena rasa sakit, Anda bisa mencoba memberikan bayi obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen, tylenol, atau advil dengan dosis yang sesuai dengan tubuhnya.

5. Memberi asupan gula jelang vaksinasi

Larutan air gula sudah sering digunakan oleh banyak rumah sakit untuk mengatasi rasa nyeri pada bayi. Untuk penerapan di rumah, Anda bisa mencoba mencelupkan dot bayi di serpihan atau larutan gula sebelum memberikannya untuk dihisap bayi.

6. Menjaga kondisi tenang

Seringkali rasa panik bayi dipengaruhi oleh orang tuanya yang juga panik. Tentunya melihat jarum besi menembus daging bayi Anda merupakan hal yang menakutkan bagi beberapa orang tua. Bayi kerap melakukan mimicking, sehingga jika orang tua panik, bayi juga akan ikut tidak tenang. Jika Anda ingin bayi tenang, maka Anda juga harus menenangkan diri terlebih dahulu.

Bagi bayi berusia lanjut, fams bisa mencoba memberi bayi distraksi dengan bacaan, tontonan, atau mainan favorit bayi. Setelah bayi tenang, jangan lupa untuk memuji si bayi dan beri kata-kata yang positif. Setelah vaksinasi, fams bisa mencoba mengajak bayi melakukan hal yang menyenangkan, seperti bermain di taman agar bayi mengingat perjalanan ke dokter sebagai hal yang mengasyikkan.

Referensi

Ben-Joseph, E. P. (2015, June 17). How Can I Comfort My Baby During Shots? Diambil kembali dari KidsHealth

Febriansyah. (2018, December 26). Cara Atasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi Tanpa Obat Apapun. Diambil kembali dari Tirto.id