Memandikan bayi yang baru lahir tentunya berbeda dengan memandikan anak yang lebih dewasa dan Anda butuh tips khusus. Selalu ada kali pertama untuk setiap hal, termasuk mandi. Pasangan orang tua pasti tahu bahwa saat pertama kali memiliki bayi, memandikannya adalah salah satu tugas yang harus orang tua kerjakan. Hanya saja orang tua baru kadang bingung mengenai cara memandikan bayi yang baru lahir.

Sesaat setelah lahir, bayi belum perlu dimandikan, karena bayi masih memiliki lapisan lemak pelindung kulit yang menjaga suhu tubuhnya. setelah berumur lebih dari 6 jam, bayi boleh diseka dengan air hangat. Sebelum tali pusar terlepas, bayi cukup dibasuh saja dengan air hangat, tanpa perlu menggunakan sabun. Ini bisa jadi pengalaman pertama bayi mandi Setelah tali pusatnya lepas.

Pilih waktu mandi yang tepat

Orang dewasa umumnya mandi dua kali sehari, yakni sebelum melakukan aktivitas di pagi hari dan setelah beraktivitas pada sore hari. Namun memandikan bayi tidak perlu sesering itu. Cukup lakukan beberapa kali saja dalam seminggu. Terlalu sering memandikan bayi hanya akan membuat kulit bayi menjadi kering.

Waktu terbaik untuk memandikan bayi adalah setelah bayi istirahat dan dalam keadaan perut yang tidak lapar. Namun jangan mandikan bayi sesaat setelah minum ASI, karena bisa saja bayi muntah saat dimandikan.

Persiapan memandikan bayi baru lahir

memandikan bayi baru lahir persiapan

Sebelum mandi, siapkan setiap perlengkapan mandi, mulai dari handuk, sabun, dan bak mandinya. Pastikan bahwa botol sabun atau samponya sudah terbuka dan siap untuk dituangkan. Ini penting untuk dilakukan, karena pada saat memandikan bayi, praktisnya Anda hanya akan menggunakan satu tangan yang aktif, sementara tangan lainnya akan Anda gunakan untuk menopang tubuh bayi.

Suhu air yang tepat

Kulit bayi lebih sensitif daripada orang dewasa, jadi pastikan Anda memperhatikan suhu air dengan cermat. Air yang terasa hangat untuk Anda bisa saja terlalu panas untuk bayi. Rasakan suhu air dengan siku atau bagian dalam pergelangan tangan Anda. Pastikan suhu air sekitar 36-38 derajat Celcius. Jika perlu, Anda juga bisa menggunakan termometer air mandi bayi yang sudah banyak dijual di banyak tempat.

Jangan gunakan terlalu banyak air. Cukup penuhi bak mandi bayi hingga ketinggian air mencapai kurang lebih 5 cm.

Bantuan untuk memandikan bayi yang baru lahir

memandikan bayi baru lahir dibantu

Untuk beberapa kali di awal, penting untuk memastikan bahwa ada orang dewasa lain yang hadir bersama Anda saat memandikan bayi. Contohnya ibu Anda, tetangga, atau siapa pun yang bisa membantu memandikan bayi. Seseorang yang lebih berpengalaman mungkin akan sangat membantu.

Karena bayi tidak boleh ditinggalkan dalam keadaan apapun, bahkan saat air yang digunakan tidak banyak, keberadaan orang dewasa lain akan sangat membantu misal saat Anda memerlukan sesuatu yang jauh dari bak mandi. Tanpa adanya orang lain yang membantu, Bayi bisa tenggelam sesaat, bahkan di air yang sangat dangkal.

Memandikan Bayi

praktek memandikan bayi baru lahir

Topang kepala dan leher bayi Anda dengan satu tangan, sementara tangan lain menopang bagian tubuh lainnya. Turunkan bayi pelan-pelan ke dalam bak mandi dengan kaki terlebih dahulu serta pegang bayi erat-erat setiap saat. Sambil menopang kepalanya, baringkan bayi Anda di bak mandi sehingga bagian belakang kepalanya terendam air. Kemudian basuh kepalanya dengan lembut. Bersihkan bagian bawah tubuh bayi dengan lembut dengan hanya menggunakan air. Juga bersihkan kotoran atau muntah di setiap lipatan tubuhnya.

Jangan Gunakan Sabun Berlebihan

memandikan bayi baru lahir gunakan sabun secukupnya

Saat memandikan bayi yang baru lahir, sebenarnya Anda tidak memerlukan sabun. Namun jika Anda ingin menggunakan sabun, gunakan sabun sekadar untuk membersihkan bagian-bagian tubuh bayi yang rawan kotor, seperti bagian bawah bayi yang terbungkus popok, atau bagian bawah dagu yang sering terkena gumoh. Jangan gunakan terlalu banyak sabun. Pastikan Anda memilih produk sabun yang memang aman untuk bayi.

Jangan Terlalu Lama dalam Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Sebagai pengalaman baru, mandi bisa menjadi sangat mengejutkan bagi bayi. Bayi bisa saja menyukainya atau bisa juga tidak sama sekali. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak memandikan bayi terlalu lama. Lima sampai sepuluh menit sudah terhitung lama bagi bayi untuk mandi.

Referensi:

Mom365.com. __. 10 Tips for Bathing a Newborn.

Raisingchildren.net.au. 2017. Bathing a newborn.

Syaaf, Syafrina. 2014. Kiat Mengatur Suhu Air Mandi Bayi.