Bagi para Ayah yang dikaruniai bayi, terkadang me time menjadi begitu berharga layaknya sebuah harta karun. Sulit untuk dicari, dan layak disyukuri. Me time dapat dipahami sebagai waktu luang yang bisa digunakan untuk memanjakan diri.

Kehidupan seorang pria lajang tentunya berbeda dengan kehidupan seorang suami. Dan kehidupan seorang suami tentunya berbeda dengan kehidupan seorang Ayah. Bertambahnya tanggung jawab serta meningkatnya kewajiban sebagai seorang Ayah membuat me time semakin langka.

Di tengah kesibukan kehidupan berkeluarga, berikut kami sediakan beberapa tips untuk para Ayah agar tetap memiliki me time tanpa menelantarkan istri dan buah hati. Silahkan disimak!

1. Manfaatkan jam tidur bayi untuk me time Ayah

Tidurnya bayi adalah anugerah bagi para orang tua, baik Ibu ataupun Ayah. Nah, bagi para Ayah, manfaatkanlah waktu tidur bayi untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. Contohnya seperti  membaca buku yang belum Anda selesaikan, menonton film, atau tidur dengan nyenyak. Jangan lupa untuk berkoordinasi dengan istri agar Anda dibiarkan bersantai tanpa beban.

2. Ambil giliran dengan pasangan

Mengurus bayi akan menjadi jauh lebih mudah apabila Anda bekerja selayaknya duo dengan kerjasama yang efektif. Aturlah giliran atau buatlah jadwal mengenai siapa yang bertanggung jawab mengganti popok atau membuatkan susu untuk bayi.

Dengan begitu semua akan terasa lebih adil dan Ayah bisa menikmati waktu luang ketika sedang giliran sang Ibu. Rasanya akan lebih tenang ketika kita tahu ada yang bisa kita andalkan ketika semua terasa lelah.

3. Jangan tolak bantuan dari anggota keluarga lain agar Ayah bisa memiliki me time

Ketika bayi baru lahir, wajar para Ayah menjadi sangat protektif. Sulit rasanya untuk mempercayakan bayi kita disentuh orang lain. Sekalipun pada anggota keluarga sendiri. Namun seiring waktu berjalan, Anda perlu lebih luwes demi kebaikan sendiri Anda juga.

Terkadang pasti anggota keluarga lain seperti kakek nenek atau om tante akan menawarkan diri untuk menjaga si bayi. Agar Ayah bisa mendapatkan me time, jangan tolak tawaran tersebut. Manfaatkanlah segala bantuan yang ada dan nikmati waktu luang Anda untuk melakukan hal-hal yang Anda senangi.

4. Adakan date night

Romantisme antara suami dan istri juga perlu dijaga. Jangan biarkan kehadiran bayi menghilangkan kobaran asmara di antara Anda dan istri. Tentunya menghabiskan waktu dengan kencan bersama kekasih tercinta akan menyenangkan jiwa dan raga.

Lakukanlah apa yang biasa Anda lakukan ketika Anda berpacaran dulu. Carilah baby sitter atau anggota keluarga terdekat untuk menjaga bayi Anda sementara waktu. Ayah senang, Ibu senang, semua senang.

5. Ayunan dan mainan lainnya adalah investasi

Jangan ragu untuk membelikan anak Anda mainan. Mainan yang tepat akan menyenangkan sang anak dan mencuri fokusnya sehingga Ayah bisa memanfaatkannya untuk me time. Anda juga bisa meletakkan mainan itu dekat dengan Anda agar Anda tetap dekat dengan si bayi.

Selagi si bayi fokus dengan mainannya, Anda juga bisa fokus dengan mainan Anda sendiri, seperti game di handphone atau menonton Youtube sambil rebahan.

6. Lakukan kewajiban lebih dahulu agar Ayah bisa izin lebih mudah untuk me time

Terkadang istri bisa agak merasa keberatan jika Ayah sering minta izin untuk keluar bersama teman-temannya. Kuncinya adalah memastikan semuanya berjalan dengan adil. Jika Anda ingin bersenang-senang, bersusah-susahlah dahulu.

Ambil inisiatif untuk mengerjakan pekerjaan rumah tanpa diminta. Buat tugas istri menjadi lebih ringan. Cobalah menyapu, membereskan mainan anak, mencuci piring, atau bahkan memijat istri tanpa diminta terlebih dahulu. Dengan begitu, istri pasti akan lebih mudah mengizinkan ketika Anda minta izin untuk keluar bersama teman-teman Anda.

Banyak orang bilang bahwa menjadi orang tua itu adalah pekerjaan full time. Padahal kalau diatur dengan tepat, bukan tidak mungkin Anda tidak bisa mendapatkan me time. Seimbangkan segalanya. Jangan lupa untuk bernapas sejenak dan tetap lakukan aktivitas dan kejar hobi Anda.

Referensi

Skelding, S. (2017). 6 WAYS FOR DADS TO FIND SOME ‘ME’ TIME. Diambil kembali dari FQ