Ini dia tips untuk mengenalkan balita Anda dengan balance bike. Balance bike kini menjadi alternatif media pembelajaran motorik balita yang paling asyik. Hilang sudah zaman sepeda roda tiga ataupun sepeda dengan training wheels.

Mengenalkan balita dengan balance bike sejak dini bisa menjadi cara yang menyenangkan guna mengajarkan anak perihal kemandirian dan aktivitas bermain di luar rumah. Kendati demikian, untuk memulainya dibutuhkan usaha yang ekstra dari para orang tua.

Berikut adalah beberapa tips untuk orang tua untuk mengenalkan balita ke balance bike. Silahkan disimak!

1. Mulailah kenalkan balance bike pada balita sedini mungkin dengan tips berikut ini

Usia 2-3 tahun merupakan usia yang paling ideal untuk mengenalkan balita Anda dengan balance bike. Ketika balita sudah mampu berdiri dan berjalan sendiri, jangan ragu untuk membeli balance bike dan taruh saja di rumah agar balita Anda mudah mencobanya. Jangan ragu untuk memulai sedini mungkin.

2. Hias dengan aksesori yang disukai balita

Balita akan senang kala Anda menghias balance bike-nya dengan berbagai pernak-pernik yang ia sukai. Mulai dari bel sepeda, pita-pita, warna favorit, hingga tas khusus bersepeda. Tips jitu ini akan membuat balita Anda lebih bahagia kala mengendarai balance bike yang berasa benar-benar miliknya.

3. Tips tegaskan helm sebagai prioritas kala balita bermain balance bike

Keamanan tetap nomor satu. Balita harus paham bahwa penggunaan helm itu wajib. Bahkan jika perlu gunakanlah juga shoulder dan knee pad. Terjatuh kala berlatih bersepeda adalah hal yang biasa. Namun tidak ada salahnya mengurangi risiko lecet-lecet atau terluka kala terjatuh. Tips sebelum balita mengendarai balance bike-nya, selalu bantu ia mengenakan helm dan peralatan keamanan lainnya agar ia terbiasa.

4. Jalani dengan pelan tapi pasti

Tidak ada yang instan. Tidak mungkin balita Anda akan lancar meluncur di atas balance bike-nya hanya dalam tempo 1-2 hari. Biarkan balita Anda duduk dengan nyaman terlebih dahulu di atas balance bike-nya di dalam rumah sambil sekali-kali berjalan pelan.

Sisihkan waktu untuk balita berlatih balance bike setidaknya 5-10 menit sehari. Ketika balita sudah ingin meluncur, bersiaplah selalu untuk mengejarnya.

5. Tips ajak teman-teman balita turut bermain balance bike

Tentunya balita Anda akan lebih senang jika ia memiliki teman bermain. Ikutilah berbagai komunitas balance bike dan temukan teman-teman baru di sana. Ketika balita Anda sudah lancar meluncur, jangan ragu untuk mengikutkan balita Anda dalam kompetisi. Tapi jangan lupa untuk selalu menekankan bahwa kemenangan bukanlah segalanya. Beri penghargaan untuk balita Anda karena sudah beri mencoba.

6. Berikan jenis balance bike yang cocok

Terdapat banyak jenis balance bike dengan berbagai merk dan bentuk yang berbeda. Tips dari kami, pilihlah balance bike yang disukai dan paling cocok dengan balita Anda. Selamat mencoba!

Referensi

Amelia. (2017). Starting a Toddler on a Balance Bike – Tips and Tricks. Diambil kembali dari Tales of Mountain Mama