Anak perlu dibiasakan menggosok gigi ketika ia mulai menumbuhkan giginya. Membiasakan anak untuk gosok gigi sejak kecil penting untuk kesehatan giginya. Selain itu, kebiasaan menggosok gigi juga penting dibiasakan sejak dini agar giginya terus sehat hingga ia dewasa nanti.

Semakin anak tumbuh besar, maka semakin variatif juga jenis makanan dan minuman yang masuk ke mulutnya. Dengan kata lain, keperluan untuk rutin menggosok gigi jadi semakin penting. Namun demikian, mengajarkan anak untuk terbiasa menyikat gigi bukan tugas yang mudah.

Di usianya yang masih muda, anak masih sangat senang bermain dan sulit diatur. Meminta anak untuk sikat gigi sebelum tidur rasanya bisa sangat menyulitkan jika Anda tidak tahu triknya. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan membeberkan informasi penting ini untuk Fams semua. Silahkan disimak!

1. Biarkan ia memilih produk sikat giginya sendiri

anak menggosok gigi dengan produk kesukaannya

Guna membuat kegiatan menggosok gigi menjadi hal yang menyenangkan, Fams bisa membiarkan si kecil memilih sikat gigi dan odolnya sendiri. Selain meningkatkan kemandirian dan rasa kepemilikannya, anak juga akan lebih senang menggosok gigi dengan sikat gigi warna favoritnya serta odol dengan rasa kesukaannya.

2. Menggosok gigi bersama-sama anak

Menggosok gigi di malam hari sendirian tentunya akan membuat anak menjadi malas melakukannya. Oleh karena itu, di masa belajarnya Fams bisa mencoba untuk menemani si kecil menggosok gigi bersama-sama. Selain bisa memberi contoh yang benar, Fams juga bisa membuat kegiatan menggosok gigi menjadi lebih menyenangkan dengan menyetel atau menggumamkan lagu kesukaan sembari menggosok gigi bersama-sama.

3. Gunakan sikat gigi elektrik

anak menggosok gigi dengan sikat gigi elektrik

Apakah anak Anda bosan atau malas menggosok gigi? Anda bisa mencoba memberi anak sesuatu yang baru dan mengasyikkan dengan membelikan anak sikat gigi elektrik. Selain itu, Fams juga bisa mencoba mencarikan anak sikat gigi yang mengeluarkan bunyi lagu lucu selagi dinyalakan.

4. Biarkan anak menggosok gigi Anda

Sebuah kegiatan tentunya akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama, apalagi ketika ada partisipasi aktif dari orang tua. Nah, jika Fams ingin mengajarkan anak cara sikat gigi yang benar dengan cara yang menyenangkan, Fams bisa mencoba membiarkan anak menggosok gigi Anda. Biarkan anak mencoba membersihkan gigi Anda dengan caranya sendiri. Sembari anak melakukan ini, Anda bisa sedikit demi sedikit mengarahkan anak untuk menerapkan cara yang benar.

5. Gunakan cermin saat anak gosok gigi

anak menggosok gigi di depan cermin

Banyak ahli gigi yang mengatakan bahwa menyikat gigi sembari bercermin membuat anak lebih senang ketika menyikat gigi. Dengan menyikat gigi sambil bercermin, anak bisa melihat secara langsung bagian giginya yang sedang dibersihkan dan tahu bagian mana yang belum disikat.

6. Beri anak hadiah bila ia rajin menggosok gigi

Jika anak berhasil dan terbiasa menggosok giginya tanpa diingatkan, berilah anak hadiah agar anak meneruskan kebiasaan ini.

Jadikan kegiatan menggosok gigi menjadi aktivitas keluarga yang menyenangkan agar gigi si kecil bersih dan sehat dari segala bakteri, kuman, dan penyakit yang ada. Semoga keluarga Fams sehat selalu!

Referensi

Burhenne, C. (2019). How to Brush Your Teeth: For Kids. Diambil kembali dari askthedentist.com.Mrunal. (2018).

How To Teach Toddler to Brush Teeth. Diambil kembali dari parenting.firstcry.com.