Banyak resep MPASI yang bisa Anda coba agar anak lebih sehat dan nafsu makan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan setiap ibu untuk memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif selama enam bulan penuh pada bayinya. Artinya, ibu tidak diperkenankan untuk memberikan asupan nutrisi selain ASI sampai bayi berusia 6 bulan. Baru setelah itu para orang tua diperkenankan memberi bayinya makanan pendamping asi (MPASI) sebagai tambahan nutrisi untuk menunjang tumbuh kembang anak.

Sebagai pengenalan terhadap makanan padat, Fams bisa memberi bayinya MPASI dalam bentuk bubur bayi. Apalagi saat ini juga sudah tersedia berbagai produk bubur instan maupun biskuit sebagai MPASI dengan berbagai macam pilihan varian rasa.

Selain praktis, bubur instan juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang bayi, seperti zat besi, zinc, kalsium, vitamin, dan omega 3. Meski demikian, produk bubur instan juga tak lepas dari kekurangan, yakni adanya tambahan bahan pengawet.

Ada baiknya Fams memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dengan makanan tanpa bahan pengawet yang bisa dibuat sendiri di rumah, dan pastinya lebih aman dan sehat. Akan tetapi, membuat MPASI sendiri di rumah bisa dibilang sedikit menantang. Pasalnya, jika proses pembuatannya kurang tepat, bahan-bahan yang digunakan bisa kehilangan kandungan nutrisinya.

Untuk bayi usia 6-7 bulan misalnya, Fams hanya perlu membuat puree sebagai MPASI. Puree adalah makanan yang dilembutkan baik itu dengan blender, grinder, ditekan-tekan, atau sejenisnya. Berikut adalah sejumlah resep puree dan cara pembuatannya.

Resep MPASI Bubur Susu

resep mpasi bubur susu

Untuk membuat bubur susu, pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya. Bahan-bahannya pun sangat sederhana dan mudah didapat. Fams hanya perlu menyiapkan 3 sendok makan tepung beras, 200 ml susu formula/ASI, dan air secukupnya.

Setelah semua bahan siap, campur semua bahan ke dalam pinggan tahan panas. Aduk hingga merata. Lalu masak dengan api kecil hingga mendidih. Tunggu sampai bubur agak dingin dan bubur siap untuk disajikan.

Resep Puree Buah

resep mpasi puree buah

Siapkan tepung beras 1 sendok makan, air matang 10ml, susu 100 ml, dan buah. Untuk buah, Fams bisa memilih salah satu di antara pisang, apel, pepaya, alpukat, atau pir.

Untuk membuatnya, pertama-tama campur air dan tepung beras hingga merata. Kemudian masak dengan api kecil sambil diaduk hingga matang. Kemudian masukkan buah yang telah dihaluskan, lalu diamkan sampai hangat. Setelah itu, masukkan susu lalu aduk hingga merata. Puree buah siap untuk disajikan.

Resep MPASI Bubur Brokoli

resep mpasi bubur brokoli

Bahannya antara lain, 50 gram brokoli, 50 gram daging ayam, 30 gram tomat, dan 250 ml air. Setelah semua bahannya sudah siap, pertama-tama cuci tomat dan brokoli hingga bersih. Lalu cincang sayuran dan daging ayam sampai halus. Kemudian rebus semua bahan dengan api kecil. Setelah matang, campurkan semua bahan lalu haluskan. Bubur brokoli siap disajikan.

Resep Nasi Tim Ikan

resep mpasi nasi tim ikan

Bahan yang dibutuhkan adalah, 650cc air, beras 20 gr, ikan tenggiri 20gr, tempe secukupnya, labu siam, tomat 1 buah, dan 1 sdt mentega.

Cara membuatnya, rebus beras, ikan, dan tempe hingga menjadi bubur. Setelah itu baru masukkan labu siam sampai semua bahan matang. Kemudian angkat semua bahan yang telah dimasak, lalu tambahkan mentega. Diamkan sampai dingin, lalu haluskan sampai lembut. Nasi tim ikan siap untuk disajikan.

Membuat MPASI sendiri bisa jadi solusi agar bayi tidak mengonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet. Selain itu, Fams juga bisa memastikan sendiri bahwa bahan-bahan yang digunakan memang berkualitas dan aman bagi si kecil. 

Jangan lupa juga untuk memperhatikan porsi makan si kecil. Untuk balita cukup berikan seperempat bagian dari porsi orang dewasa. 

Referensi:

Palili, Meiskhe Fratel. 2 Juni 2017. Rekomendasi Resep MPASI Sayur untuk Bayi Usia 6-9 Bulan. Motherandbaby.co.id