Meredakan demam pada bayi bisa dilakukan dengan mudah jika benar caranya. Demam merupakan kondisi yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Demam bisa terjadi pada bayi usia 3 bulan sekalipun. Demam ringan pada bayi usia ini umumnya masih bisa dirawat di rumah, tentunya dengan cara yang tepat. Nah, di artikel ini kami akan memberi tahu Anda kiat-kiat meredakan demam bayi di rumah dengan mudah dan aman. Silakan disimak!

1. Mengukur suhu tubuh bayi

Pertama-tama, Anda perlu mengukur suhu tubuh bayi menggunakan termometer. Suhu normal tubuh bayi biasanya berkisar sekitar 37°C. Bayi dapat dikatakan demam apabila suhu tubuhnya berada di atas 38°C apabila diukur lewat dubur.

2. Meredakan demam bayi dengan obat

Anda bisa memberikannya obat demam seperti acetaminophen atau paracetamol yang ditujukan untuk anak-anak ketika bayi demam. Namun demikian, pemberian obat ini tidak dianjurkan untuk bayi berusia di bawah usia 3 bulan. Perhatikan dosis yang dianjurkan di kemasannya. Biasanya, dosis ditentukan berdasarkan berat badan bayi. Jika Anda ragu mengenai dosis yang tepat, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Obat demam biasanya cukup manjur untuk meredakan demam agar bayi bisa beristirahat dengan nyenyak.

3. Meredakan demam bayi dengan menentukan pakaian bayi

Kenakan pakaian yang tidak terlalu tebal pada bayi Anda di kala demam melanda. Anda juga bisa menggunakan selimut atau kain tipis agar bayi nyaman dan sejuk. Pakaian yang terlalu tebal dapat menghambat kemampuan natural tubuh bayi untuk mendinginkan tubuhnya sendiri.

4. Mengatur suhu ruangan

Usahakan untuk menjaga suhu ruangan agar bayi tetap merasa nyaman dan sejuk. Tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Jika Anda tidak menggunakan air conditioner di rumah, cobalah meletakkan bayi di ruangan yang memiliki jendela agar bayi dapat menghirup udara alami dan dapat meredakan demam.

5. Meredakan demam bayi dengan mandi air hangat

Anda juga bisa memandikan atau mengelap tubuh bayi dengan air hangat. Pastikan air tidak terlalu panas dengan merasakan suhu air dengan telapak tangan Anda. Hindari memandikan bayi dengan air dingin di kala bayi demam, karena bisa membuat bayi kedinginan dan menggigil. Setelah selesai memandikan bayi, segera keringkan tubuh bayi dengan handuk dan kenakan pakaian yang tipis dan nyaman pada bayi.

6. Menjaga cairan tubuh

Demam dapat menyebabkan bayi mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Guna mencegah terjadinya komplikasi yang disebabkan dehidrasi, pastikan bayi selalu mendapat asupan ASI yang konsisten. Untuk mengecek cairan tubuh bayi di kala demam, Anda bisa memeriksa air mata bayi di kala bayi menangis, bibir yang pecah-pecah, atau kotoran/feses bayi yang kering dan keras.

Jika demam bayi masih terus berlanjut, bawa bayi Anda ke dokter sesegera mungkin. Semoga bayi Anda terus sehat dan ceria!

Referensi

Silver, N. (2019, February 27). How to Safely Bring Down a Fever in a Baby. Diambil kembali dari Healthline