Ada kalanya bayi akan mogok menyusu. Air Susu Ibu (ASI) adalah asupan nutrisi paling ideal bagi bayi yang baru lahir. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk terus memberikan ASI eksklusif pada bayi sampai usia 6 bulan. Namun, dalam proses menyusui ada saja kendala yang sering muncul, salah satunya adalah bayi mogok menyusu.

Bayi yang tiba-tiba mogok menyusu pastinya akan membuat seorang ibu cemas dan khawatir. Apa lagi bayi tidak sedang dalam proses disapih. Kondisi tersebut biasa disebut nursing strike.

Ada banyak hal yang menyebabkan bayi tiba-tiba mogok menyusu. Beberapa penyebabnya antara lain bayi pilek atau sariawan, bau ibu yang tiba-tiba berubah karena menggunakan sabun mandi yang berbeda, atau perubahan rasa susu. Apa pun penyebabnya, jangan langsung panik! Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi bayi yang enggan menyusu.

1. Beri jari kelingking

bayi mogok menyusu berikan jari

Sebelum menyusui, cobalah berikan jari kelingking Fams untuk dihisap bayi. Cara ini akan melatih bayi untuk memposisikan lidah selayaknya saat ia menyusu. Saat bayi kesal karena ibu mencoba untuk menyusuinya dan memilih untuk mogok menyusu, memberikan jari kelingking untuk dihisap dapat membuatnya tenang.

2. Coba menyusui dengan posisi lain agar baik tidak mogok menyusu

Posisi saat menyusui mempengaruhi kenyamanan bayi.  Jika Fams biasanya menyusui sambil duduk di kursi, cobalah menyusui dalam posisi telentang. Menyusui dengan posisi telentang memunculkan insting menyusui alami bayi.

3. Menyusui di tempat yang tenang agar bayi tidak mogok menyusu

bayi mogok menyusu karena tempat tidak kondusif

Coba untuk menyusui di ruangan yang sepi dan memiliki pencahayaan yang remang-remang agar bayi merasa lebih tenang. Kadang suara berisik dari radio, televisi, atau orang-orang bisa mengalihkan perhatian bayi, sehingga ia tidak mau menyusu. Berada di tempat yang tenang akan membuat fokus bayi tidak terganggu.

4. Gunakan Pompa ASI agar bayi mogok menyusu tidak membuat ASI terbuang sia-sia

Memompa ASI dapat mempercepat alirannya dan memanjangkan puting. Puting susu yang telah memanjang akan memudahkan bayi untuk menghisapnya. Simpanlah ASI yang sudah dipompa dengan baik.

5. Susui saat bayi mengantuk

bayi mogok menyusu

Beberapa bayi lebih suka menyusu saat dia dalam keadaan mengantuk daripada saat dalam keadaan terjaga. Cobalah untuk menyusui bayi saat ia mulai mengantuk atau baru bangun tidur. Beberapa ibu bahkan mendapati bayinya lebih lancar menyusu saat sambil tidur.

6. Susui sesering mungkin agar bayi tidak mogok menyusu

Berikan ASI sesering mungkin sesuai dengan keinginan bayi. Fams bisa langsung menyusui bayi, setiap dia tampak sedang menghisap jarinya sendiri.

7. Berikan ASI perah

bayi mogok menyusu berikan susu perah

Jika bayi masih menolak menyusu, berikan ASI perah dengan menggunakan gelas, pipet, atau sendok. Hindari pemberian ASI perah dengan botol karena dapat menyebabkan bayi bingung antara puting dan ujung botol.

Jika semua cara tersebut sudah dilakukan, namun bayi masih tidak mau menyusu sampai seminggu, segera hubungi dokter dan konsultan laktasi. Dikhawatirkan bayi yang tidak menyusu hingga waktu yang lama diakibatkan oleh gangguan kesehatan seperti infeksi telinga atau mulut.

Referensi:

Whitlock, Natalie Walker._____. Nursing strike.

Flora, Becky. _______. Surviving A Nursing (Breastfeeding) Strike – My Baby Won’t Nurse.