Membuat playdough ternyata lebih mudah daripada yang Anda kira. Playdough adalah adonan mainan atau plastisin mainan yang merupakan bentuk modern dari mainan tanah liat. Bermain playdough tidak hanya menyenangkan, tapi juga memiliki berbagai manfaat bagi anak balita. Bermain playdough dapat melatih keterampilan motorik halus, serta meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak. Saat balita bermain playdough, dia juga akan menjadi tenang dan lebih mudah mengekpresikan perasaan dan imajinasinya.

Sayangnya, playdough yang beredar di pasaran harganya tidak bisa dikatakan murah. Selain itu beberapa merk bahkan mengandung bahan yang berbahaya jika tertelan oleh anak. Agar lebih aman dan murah, mengapa Fams tidak membuat playdough sendiri di rumah?

Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Siapkan bahan-bahan untuk membuat playdough

menyiapkan bahan membuat playdough

Untuk membuat playdough sendiri di rumah, pertama kali siapkan bahannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat playdough sendiri di rumah. 

  • 4 sendok garam
  • 8 sendok tepung terigu
  • 240 ml air hangat
  • 2 sdm minyak goreng 
  • 2 sdm krim tartar (bisa dibeli di toko bahan kue)
  • 2 sdt pewarna makanan

2. Campurkan bahan-bahan untuk membuat playdough

Setelah semua bahan sudah siap, campurkan garam, tepung terigu, minyak goreng, dan krim tartar ke dalam loyang. Disarankan untuk menggunakan loyang anti lengket, agar bahan-bahan tersebut tidak menempel pada loyang. Jika tidak ada loyang anti lengket, Fams bisa juga menggunakan loyang biasa yang permukaannya sudah dilapisi minyak.

3. Tambahkan pewarna makanan

pewarna membuat playdough

Setelah bahan-bahan telah tercampur dengan merata, langkah selanjutnya adalah menambahkan pewarna makanan agar terlihat menarik. Caranya, larutkan pewarna makanan ke dalam air hangat yang telah dipersiapkan. Selanjutnya masukkan larutan pewarna tersebut ke dalam loyang. Lalu aduk hingga pewarna tercampur merata dengan adonan.

4. Masak dengan api kecil

memasak membuat playdough

Setelah pewarna tercampur merata, masa adonan di dengan api kecil. Pastikan untuk terus mengaduk adonan sampai tampak mengeras.

Sebenarnya, Fams bisa melewatkan langkah ini karena adonan playdough yang tidak dimasak pun sudah bisa dimainkan. Namun, adonan playdough yang dimasak akan lebih tahan lama, lembut, serta tidak mudah mengering. Selain itu, membuat adonan playdough yang dimasak juga lebih tahan jamur.

5. Dinginkan dan remas-remas

Setelah adonan matang,  keluarkan adonan dari dalam loyang dan letakkan di atas talenan. Tunggu sampai adonan tersebut dingin. Setelah cukup dingin, remas-remas adonan sampai teksturnya menjadi lebih halus.

Nah, playdough buatan sendiri sudah siap untuk dimainkan anak balita Anda. Agar lebih bervariasi, Fams bisa mengulang langkah membuat playdough ini menggunakan pewarna yang berbeda.

6. Setelah membuat playdough, begini cara menyimpannya

menyimpan membuat playdough

Agar tekstur playdough buatan sendiri tetap terjaga, simpan playdough dalam wadah kedap udara kemudian lalu letakkan di dalam lemari es setiap kali selesai dimainkan. Dengan demikian, playdough buatan Fams akan tetap lembut dan dapat bertahan hingga 3 bulan.

Begitulah cara membuat playdough sendiri di rumah. Fams bisa langsung mencobanya sendiri. Dan yang pasti, playdough buatan sendiri dijamin pasti lebih aman dan lebih murah.