Mengajak bayi tengkurap dengan tummy time dipercaya baik untuk perkembangan motoriknya. Perkembangan bayi baru bisa terlihat setelah usianya menginjak 4 bulan. Di tahap ini berat badan bayi sudah bertambah hingga dua kali lipat dari berat badannya ketika lahir. Selain itu, dia sudah mulai bisa memiringkan badannya dan tengkurap.

Tengkurap adalah posisi bayi saat perut berada di bagian bawah sementara punggungnya berada di bagian atas. Posisi tengkurap akan membuat bayi menggunakan lengan untuk meopang tubuhnya.

Tengkurap menjadi salah satu tonggak penting dalam proses perkembangan bayi karena saat tengkurap, otot tangan dan leher bayi akan terlatih untuk menopang bagian tubuh lainnya, sebelum bisa merangkak, duduk, berdiri, dan berjalan.

Tidak semua bayi dapat menunjukkan tanda-tanda mampu tengkurap di usia 4 bulan. Asupan nutrisi yang membuat berat berat badan tidak ideal, kelainan pada anggota gerak, dan cedera diasumsikan sebagai faktor penyebab bayi 4 bulan belum bisa tengkurap.

Jika bayi memiliki berat badan yang ideal dan tidak memiliki riwayat penyakit atau cedera, Anda bisa melatih bayi agar bisa segera tengkurap dengan cara tummy time. Tummy time adalah momen ketika bayi dalam kondisi terjaga dan ditempatkan pada posisi tengkurap, dengan pengawasan orang tua atau pengasuhnya.

Menurut dokter spesialis anak asal Amerika Serikat, Danette Glassy, pada saat bayi dibiarkan pada posisi tengkurap, bayi akan belajar mengangkat tubuhnya dalam posisi push up, sit up, berguling, merangkak, dan berdiri.

Selain itu, tummy time juga memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan keterampilan motorik kasar
  • Melatih otot yang jarang digunakan
  • Mencegah plagiocephaly atau kepala peyang
  • Membantu bayi mengontrol kepala
  • Mengenalkan bayi pada lingkungan yang baru

Tummy time dapat diterapkan beberapa saat setelah bayi lahir, yakni pada saat menyusui. Saat menyusui untuk pertama kalinya, posisikan perut bayi berhadapan dengan dada ibu. Kendati demikian, American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar tummy time dilakukan saat bayi berusia 3-4 bulan. 

Lalu bagaimana cara melatih bayi tengkurap dengan tummy time? Berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Lakukan di Waktu yang Tepat

Waktu yang tepat bagi bayi tengkurap dengan tummy time adalah pada saat bayi dalam kondisi kenyang dan telah mendapatkan cukup istirahat. Jangan lakukan tummy time sesaat setelah bayi disusui, karena dikhawatirkan tekanan pada perut akan membuatnya muntah.

2. Letakkan Bayi di Atas Dada Orang Tua

Menurut dokter Rumah Sakit Anak Philadelphia Care Network, Wendy Wallace, bayi yang baru lahir senang berbaring di atas orang tua dan menatap wajah mereka. Oleh karena itu penting untuk mengawali tummy time di tempat yang tidak terlalu asing bagi bayi, yaitu orang tuanya, sebelum dibiarkan tengkurap di lantai.

3. Tidak Perlu Waktu Lama untuk bayi tengkurap dengan tummy time

Tengkurap dengan tummy time akan menjadi pengalaman baru bagi bayi. Dia bisa saja terkejut dan merasa tidak nyaman. Oleh karena di saat-saat pertama, jangan lakukan tummy time terlalu lama, cukup 3-5 menit setiap sesinya.

4. Buat Bayi Merasa Nyaman

Saat pertama kali melakukan tummy time, bayi mungkin akan kesulitan untuk menahan kepalanya. Oleh karena itu Anda bisa menambahkan bantal untuk membuat bayi merasa nyaman.

5. Ajak Berinteraksi

Saat melakukan tummy time, ajaklah bayi berinteraksi. Anda bisa menyanyikan sebuah lagu atau membacakan buku cerita. Saat diajak berinteraksi, bayi akan mencoba mengangkat kepalanya dan bergerak untuk mencari suara Anda. Pastikan juga untuk melakukan kontak mata.

6. Lakukan di Tengah Kegiatan Lain

Anda tidak perlu menyediakan waktu khusus untuk tummy time. Anda juga bisa melakukannya pada saat memakaikan popok, menaburkan bedak atau minyak telon di punggung bayi.

7. Tambah Durasi dan Lakukan dengan Rutin

Saat bayi sudah mulai terbiasa tengkurap dengan tummy time, Anda bisa menambahkan durasinya jadi 10-15 menit setiap sesinya. Kemudian lakukan tummy time secara rutin antara 2-3 sesi sehari sampai bayi berusia 6-7 bulan.

Referensi:

Brody, Barbara. _____. 8 Tummy Time Tips for Your Baby. https://www.webmd.com/parenting/baby/features/tummy-time#1

Bahanawati, Ajeng. 8 Desember 2018. 4 Cara Membuat Bayi Nyaman Saat Tummy Time. https://www.popmama.com/baby/0-6-months/ajengbahanawati/mama-ini-cara-membuat-bayi-nyaman-saat-tummy-time/full

Geddes, Jennifer Kelly. _______. When to Start Tummy Time. https://www.fisher-price.com/en_US/parenting-articles/playtime-and-toys/when-to-start-tummy-time

Vengrow, Bonnie. ______. Introducing Tummy Time to Baby. https://www.thebump.com/a/tummy-time-when-to-start-how-to-do