Bagaimana agar anak mau makan sayuran? Hubungan antara anak dan sayuran layaknya dua kutub magnet yang berbeda. Sulit menyatu. Tidak jodoh. Enggan bersama.

Sejak dulu, mengajak anak mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran selalu menjadi sesuatu yang pelik. Namun bagaimanapun juga, sayuran merupakan bagian dari makanan dan minuman ‘4 sehat 5 sempurna’ yang penting bagi asupan gizi dan metabolisme serta kesehatan tubuh.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan segenap kiat ampuh yang bisa Fams terapkan untuk membuat anak gemar mengonsumsi sayuran dengan rutin dan riang gembira. Silahkan disimak!

1. Anak tidak mau makan sayuran? Coba masak dengan mentega

anak mau makan sayuran

Salah satu alasan anak tidak menyukai sayuran adalah karena rasanya yang pahit. Insting manusia kerap memberi sinyal bahwa makanan yang pahit mungkin mengandung racun atau kandungan lainnya yang mungkin berbahaya bagi tubuh.

Maka dari itu, trik satu ini bisa membantu Anda mengubah sedikit cita rasa sayuran tanpa perlu mengurangi manfaat dan kandungan nutrisinya. Balut rasa pahit itu dengan memasak sayuran dengan tambahan mentega.

Mentega membuat rasa makanan apapun menjadi lebih enak dan gurih. Tak hanya enak, mentega juga mengandung vitamin A, E, dan D3 serta lemak yang bisa membantu penyerapan nutrisi dari sayuran itu sendiri ke dalam tubuh anak. Anda bisa mencoba menambahkannya ke kacang hijau, kentang rebus, brokoli, atau bayam.

2. Sediakan sayuran terlebih dahulu

anak mau makan sayuran

Cara termudah untuk ‘memaksa’ anak memakan sayuran adalah menyediakannya di kala anak sedang lapar. Biasanya banyak ibu yang menyiapkan potongan sayuran sebagai kudapan di kala anak pulang sekolah. Dalam keadaan perut yang lapar, anak cenderung lebih mudah memakan apapun tanpa banyak protes.

3. Celupkan ke mayones agar anak mau makan sayuran

anak mau makan sayuran

Banyak studi terkait nutrisi anak yang membuktikan bahwa anak-anak lebih senang mengonsumsi sayuran jika disajikan bersama celupan mayones. Anda bisa membeli mayones langsung di supermarket, atau coba membuatnya sendiri agar lebih sehat.

4. Petik sendiri

anak mau makan sayuran

Tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas sayuran segar yang dipetik langsung dari kebun akan memiliki rasa yang jauh berbeda dengan sayuran di supermarket yang sudah disimpan berhari-hari. Selain rasa, tentunya tampilan sayurnya jauh lebih segar dan lebih mudah mengundang nafsu makan.

Bahkan lebih baik lagi apabila Anda mengajak anak Anda ke perkebunan sayur dan mengajaknya memetik sayurnya secara langsung.

5. Biarkan anak memilih sayuran kesukaannya agar ia mau makan

anak mau makan sayuran

Perlu Anda tahu bahwa anak senang diberi kuasa dan tanggung jawab. Hal ini membuat anak merasa seperti orang dewasa. Dengan memanfaatkan sifat anak satu ini, Anda bisa memberi anak tanggung jawab untuk memilih sayuran yang akan dibeli untuk stok di rumah.

Ketika anak ikut andil dalam memilih bahan makanan, biasanya mereka tidak akan keberatan dengan hasil masaknya. Ditambah lagi, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk mengajarkan anak cara memilih sayuran yang bagus.

6. Beri contoh

anak mau makan sayuran

Anak suka meniru. Anak juga belajar sesuatu lebih mudah jika diberi contoh. Jika orang tua dan teman-teman sebayanya memakan sayuran, ia juga pasti akan terpicu untuk makan sayuran juga. Cobalah mengajak anak untuk makan bersama di rumah kerabat yang anaknya juga makan sayur. Niscaya, anak akan merasa tertantang untuk ikut mengonsumsi sayuran.

7. Ajak anak memasak

anak mau makan sayuran

Salah satu kiat paling mujarab adalah mengajak anak untuk ikut membantu Anda di dapur. Anda bisa memberi anak peran yang tidak berisiko, seperti menaburkan garam atau minyak ke penggorengan sebelum menyalakan kompor. Biarkan anak melihat proses memasak Anda dan biarkan ia menghirup aroma sayuran yang Anda masak. Dengan begitu, anak akan lebih semangat untuk memakan hasil masakannya sendiri.

8. Sembunyikan sayuran dalam makanan lain

anak mau makan sayuran

Jika kiat-kiat di atas masih gagal untuk membuat anak makan sayuran, maka Anda perlu menggunakan trik yang lebih cerdik. Coba untuk menyembunyikan sayuran di balik makanan lain yang disukai anak seperti sup, pasta, pai, dsb.

Sembari melakukan hal-hal di atas, jangan lupa juga untuk memberitahu anak berbagai khasiat dan manfaat sayuran dengan cara yang mudah dan menyenangkan! Selamat mencoba!

Referensi

Smith, D. L. (2017, September 22). 15 Tricks to Get Your Kids to Eat Vegetables. Diambil kembali dari eatthis.com.