Apa sih tips agar anak mau tidur sendiri? Menyenangkan memang tidur bersama anak, dalam satu kamar, bisa memeluk anak, dan memastikan anak selalu terjaga, selalu aman sepanjang malam. Namun sebagai orang tua kita tentu harus paham, bahwa anak akan tumbuh, anak menjadi kian besar, dewasa.

Sebagai orang tua kita akan mengalami sebuah perubahan pada anak dari waktu ke waktu. Pada  akhirnya nanti anak-anak kita akan mencipta dunianya sendiri. Dia menjadi malaikat kecil, menjadi manusia sempurna yang berkuasa penuh atas hidupnya.

Semua perubahan besar pada anak, dunia imajinasi yang nanti akan dikejar dalam hidupnya. Langkah-langkah kecil yang perlahan meninggalkan pintu rumah, dimulai dari hal-hal kecil, hal-hal yang menjadikan orang tua bangga dan takut dalam waktu bersamaan.

Momen bangga dan takut dalam waktu bersamaan akan terus mewarnai perjalanan orang tua dan anak. Salah satunya adalah, ketika mengajarkan pada anak untuk tidur sendiri, berani berada dalam kamar sendirian, anak tidak takut!

Walau berat, sebagai orang tua kita harus bisa merelakan anak-anak kita tumbuh dan berkembang. Dan tentu saja kita perlu menemani, menyiapkan strategi, sebagai upaya melebarkan sayap-sayap anak kita untuk terbang tinggi nantinya. Nah Fams, di kesempatan ini Imaos Pedia ingin membagikan 5 tips agar anak mau tidur sendiri.

1. Menciptakan Suasana Nyaman dan Gembira

Tips pertama agar anak mau tidur sendiri adalah dengan menciptakan suasana nyaman dan gembira. Ingat anak tentu saja merasa takut untuk memulai kebiasaan baru, jika sebelumnya anak merasa nyaman, tenang dan gembira karena ada orang tua di samping mereka.

Maka langkah pertama adalah mendiskusikan dengan anak. Suasana seperti apa yang membuat dia nyaman. Ciptakan kesan dan rasa gembira pada anak. Beri pengertian bahwa tidur sendiri dan memiliki kamar sendiri adalah sesuatu yang menggembirakan.

Bagi Fams yang sudah memiliki anak pertama dan sudah punya kamar sendiri. Tentu menjadi lebih mudah dalam memberikan pengertian bahwa adik juga harus memiliki ruang atau kamar sendiri. Kamar yang khusus untuk ekspresi dan privasi adik, seperti yang dimiliki oleh kakak.

2. Menghias Kamar Sesuai Keinginan Anak

Tips agar anak mau tidur sendiri dengan menghias kamar sesuai keinginan anak. Setelah berhasil menanamkan keyakinan pada anak bahwa tidur sendiri dan memiliki kamar sendiri akan menjadikan dia nyaman dan bergembira. Maka selanjutnya memberikan kesempatan anak untuk memilih dan menentukan seperti apa kamar yang anak kita inginkan.

Atur waktu bersama antara Fams dan anak untuk menghias kamar. Ingat dalam menghias kamar anak, keinginan anak yang harus diutamakan karena ini adalah kamar dan ruang pribadi dia.

Dengan menghias kamar sesuai keinginan anak, maka anak akan memiliki rasa pada ruang atau kamar pribadinya. Jika sudah demikian tentu anak akan mau tidur sendiri di ruang pribadinya.

3. Tips Agar Anak Mau Tidur Sendiri Semua Dilakukan Secara Bertahap

Jika anak masih belum berhasil atau benar-benar tidur sendiri, maka jangan memaksakan kehendak orang tua. Lakukan secara bertahap, mungkin anak akan tidur di kamarnya ketika tidur siang. Sedangkan tidur malam masih harus kembali ke kamar Fams.

Atau bisa jadi anak meminta ditemani terlebih dahulu sampai terlelap. Tentu ada proses yang dan tahapan yang panjang, sampai anak benar-benar mau tidur sendiri.

4. Beri Apresiasi di setiap Proses

Tips agar anak mau tidur sendiri dan termotivasi dalam prosesnya, maka Fams perlu memberikan apresiasi di setiap prosesnya.

Ketika anak berhasil memilih kamar, ketikan anak menghias kamar. Sampai pada anak berani tidur di kamar walau saat tidur siang, kemudian anak mulai berani asal ditemani terlebih dahulu, sampai akhirnya anak benar-benar tidur sendiri dan memiliki kamar sendiri.

Semua proses perlu dirayakan, dilakukan evaluasi dan juga memberikan apresiasi. Anak akan termotivasi, paling sederhana berikan pujian pada setiap proses yang berhasil di capai anak.

5. Tips Agar Anak Mau Tidur Sendiri dengan Menjaga Rutinitas

Kebiasaan baik adalah kebiasaan yang dilakukan dengan bertahap, dinikmati prosesnya. Semua itu bisa sampai pada tujuan ketika kita berhasil menjaga ritme, menjaga rutinitas.

Tidak mudah memang agar anak mau tidur sendiri. Akan tetapi ketika orang tua bersabar, menjaga rutinitas dari setiap proses agar anak mau tidur sendiri, maka pelan-pelan anak akan terbiasa untuk tidur sendiri.

Demikian pembahasan kali ini tentang 5 Tips Agar Anak Mau Tidur Sendiri. Nah Fams, punya tips tersendiri tentu untuk mengajarkan pada anak agar mereka mau tidur sendiri. Seperti apa nih tips dari Fams? Bisa berbagi di kolom komentar ya. Terima kasih. Salam.